Berlangganan

Dollar Menguat ,Iklim Investasi Bergejolak



Investasi - Penguatan dollar terhadap mata uang dunia secara tidak langsung akan mempengaruhi iklim investasi dunia termasuk Indonesia ,karena hampir semua negara mengacu pada mata uang kuat ini sebagai standar penetapan nilai suatu barang /jasa dalam investasi dan jika Indonesia ingin mengenjot  investasi tahun ini maka perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan menggiatkan ekspor ke luar negeri untuk menambah devisa negara. Selain itu perlunya kebijakan yang menenangkan bagi investor untuk kembali menanamkan modalnya di Indonesia.

Dengan iklim investasi dalam negeri yang semakin menantang sekaligus peluang dengan trend kenaikan penguatan dollar di seluruh dunia termasuk negara tetangga dan tujuan ekspor kita yaitu China dan Jepang yang sama sama mengalami tekanan terhadap mata uangnya. Tapi tetap ada peluang untuk menjadikan tekanan dollar ini sebagai keuntungan, caranya dengan menambah volume ekspor ke luar negeri.

Sisi lain dari kebijakan pemerintah baru negeri Pman Sam yang mana dollar menjadi naik tentu saja menjadikan barang barang asal Indonesia semakin murah , dan ini bisa dijadikan meomentum kebangkita kespor kita untuk bisa bersiang ke negeri Donald Trump tersebut. Meski tak mudah menembus pasar domestik Amerika yang berstandar tinggi.

Indonesia mempunyai banyak sekali potensi industri yang berorientasi ekspor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dunia terutama AS yang mana daya beli masyarakatnya membaik pasca pilpres yang di menagkan Trump, industri jasa ,kerajainan dan industri kreatif akan sangat bisa di terima masyarakat  dunia jika kita bisa memaksimalkan potensi yang kita miliki, selain itu ini sebagai ajang mengasah skil dan ketrampilan untuk bersiang dengan berbagai produk dari luar negeri.

Tapi jangan pernah melupakan bahwa kenaikan nilai tukar Dolar juga berdampak negatif pada inevstasi dalam negeri, kekhawatiran kaburnya modal asing di Indonesia akan semakin besar dan menambah pengaruh buruk iklim investasi dalam negeri, hal ini dipicu modal akan lebih menguntungkan jika di tarik ke negara bermata uang kuat seperti AS dan Uni Eropa.

Selain itu kenaikan Dollar juga akan membuat mata uang Rupiah semakin menurun dan daya beli masyarakat juga turun sehingga barang akan lebih mahal dan itu memicu inflasi yang tinggi pula.hal ini memamg sering terjadi dalam suatu negara berkembang tapi kita berharap akan semakin kondusif iklaim investasi dan dollar tidak lagi fluktuatif sehingga ekonomi berjalan sesuai rencana pembanguan .

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com