Berlangganan

Primbon Weton- Antara Fakta Dan Kebetulan

Primbon - menjadi bagian masyarakat yang kental dengan budaya Jawa memang unik ,apalagi setiap ada gawe pasti selalu melihat primbon hari baik atau saat yang tepat. Dulu setiap kali akan ada hajatan pasti ke rumah "orang tua" untuk cari hari baik.

Sebenarnya untuk urusan primbon saya setengah setengah, antara percaya dan tidak sama besarnya. Sebagi contoh adalah weton saya sebagai berikut;

Tgl. Lahir: 24 November 1976
Weton: Rabu Pon
Mongso: Kanem
Wuku: Tolu

Dibawah ini adalah penjabaran Sifat/Karakter orang yang lahir pada Weton/Mongso/Wuku tersebut..

1. Weton anda adalah Rabu Pon.
Sifat/karakter orang yang lahir pada Weton tersebut, adalah:

Pada dasarnya, anda termasuk tipe yang penuh keberuntungan, karena anda selalu merencanakan tindakan anda dengan hati-hati, terbuka terhadap peluang yang baru, dan tidak mudah putus asa. Anda juga memiliki beberapa keterampilan sosial, sehingga sejelek apapun wajah anda, kemungkinan besar anda mudah bergaul dengan orang lain! Sisi buruknya, anda suka sekali pamer. Mungkin anda hanya haus perhatian sewaktu masih kecil, sehingga kini anda merasa harus membuat kagum semua orang dengan kepandaian atau kekayaan anda. Jadilah diri sendiri dan orang lain akan menyukai anda apa adanya. Akan lebih baik juga bila anda berusaha untuk tidak terlalu menyalahkan orang lain yang secara tidak sengaja menyakiti perasaan anda.

Entah ini kebetulan atau tidak , saya dianggap cepat akrab dengan siapapun meski pun saat itu saya kerja di tempat yang berbeda beda,  hal yang sering diucapkan orang lain adalah banyak yang bilang enak untuk diajak ngobrol. Tapi ada juga yang bertolak belakang dengan pribadi yaitu saya tidak suka pamer.

KEADAAN FISIK
kangjum- primbon weton

Keadaan dan bentuk tubuh orang kelahiran mangsa "KANEM" pada umumnya adalah serasi dan menarik. Tubuhnya tinggi, tidak gemuk tetapi sedang, wajahnya terang berseri berbentuk bulat telur, rambut hitam tebal. Matanya bulat dan bersinar terang, mulutnya lebar dengan bibir sedang, giginya bagaikan mutiara, hidungnya mancung.

Nah yang dijelaskan diatas lebih banyak tidak cocoknya karena tinggi badan saya cuma 165cm, wajah tidak bulat cenderung lonjong dan hidung juga gak mancung.

Tetapi di balik semua yang indah dan serasi itu, orang mangsa "KANEM" mempunyai kelemahan tulang, baik tulang kaki maupun pada tulang belakang, sehingga ada kemungkinan dapat lumpuh maupun bungkuk pada usia di atas 30 tahun.

Kalau urusan kesehatan hampir mirip karena sakit tulang terutama tulang kaki sering terasa, kalau bungkuk si tidak cuma pernah jatuh dari lantai 2 pas kerja bangunan sehingga tulang punggung geser dan harus istirahat total selama setahun!.

KEADAAN MASA KANAK-KANAK
Seperti diuraikan terdahulu, bahwa anak "KANEM" mengalami penderitaan sejak masih kanak-kanak. Baik itu derita karena kemelaratan orang tuanya, derita karena perceraian orang tuanya, derita karena kematian orang tuanya, maupun disebabkan oleh hal yang lain.

Kalau tentang kemelaratan dia tidak peduli, yang dipedulikannya adalah tentang keadilan dan kejujuran. Walaupun dalam hidup melarat dia tetap tegar dan rapi. Hanya saja ada kesan seolah anak "KANEM" itu sombong dan takabur, hal itu dapat terjadi karena sifatnya yang sering membanggakan diri setiap berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan yang sulit dikerjakan oleh orang lain.

Dalam bidang studi, anak kelahiran mangsa "KANEM" sangat rajin. Pada umumnya dapat mencapai yang diinginkannya. Bahkan tidak sedikit orang-orang jenius yang terlahir pada mangsa "KANEM". Lagi pula anak kelahiran mangsa Kanem, senang bergaul, walaupun tidak banyak berbicara tetapi banyak pula sahabatnya.

Kalau masa kanak kanak hampir 90 persen identik sama , jadi masa kanak kanak termasuk masa paling suram dalam kehidupanku.

KEADAAN MASA REMAJA
Kejujuran adalah pegangan hidupnya. Walaupun remaja-remaja kelahiran mangsa "KANEM" ini hidupnya melarat, tetapi hatinya optimis menghadapi masa depan. Setia kepada prinsip, cita-cita, serta pekerjaannya. benar sekali,masa remaja miskin meskipun orang tua kaya tapi seperti sedang melihat opera kehidupan saja.

Remaja Kanem yang telah bekerja, dia akan tetap setia dengan pekerjaannya itu. Walaupun ada orang yang membujuknya dengan bayaran yang lebih tinggi, dia akan lebih setia dengan pekerjaan yang telah ditekuninya walaupun gajinya lebih rendah.

Untuk mencapai kariernya yang lebih baik, orang kelahiran mangsa Kanem cenderung untuk mempelajarinya, baik dengan membaca, maupun kursus atau sekolah kejuruan.

Orang kelahiran Kanem, suka mengerjakan sesuatu untuk kepentingan orang lain tanpa memikirkan imbalan. Karena dia akan mengerjakan pekerjaan itu dengan rasa tulus dan penuh tanggung jawab.Tapi ini justru sering di salahgunakan oleh temen yang mau mengambil keuntungan pribadi.

REJEKI & PENGHIDUPANNYA
Seperti juga yang tertera pada bagian pekerjaan, bagi orang yang terlahir pada mangsa "KANEM" tentang rejeki dan penghidupannya bergantung kepada hari kelahiran.

Berdasar Horoskop Jawa yang menentukan kedudukan weton dan wuku pada mangsa "KANEM" maka Astrologi Jawa menjabarkannya menjadi tiga kelompok pula.

1. Eka
Dalam kelompok ini adalah mereka yang terlahir pada hari Minggu, Rabu, dan Jumat. Mereka itu adalah orang yang akan berhasil pada usia tua. Ketika umurnya masih muda maka hidupnya menderita, kekurangan, dan susah. Tetapi setelah usia mencapai 24 tahun ke atas rejeki dan penghidupannya akan terus meningkat. Bahkan pada usianya yang ke 29 tahun dia akan menjadi orang yang kaya dan sukses.
Kebetulan saya lahir hari Rabu entah sekarang sudah kaya atau belum , tapi yang pasti kehidupan saat ini lebih baik ketimbang masa remaja atau bahkan masa kanak kanak dulu yang sering kelaparan karena bertengkar dengan ibu tiri..ha...ha...

Menurut primbon weton , kalau orang yang lahir hari Rabu dengan pasaran Pon juga anakanya nanti perempuan, dan sampai saat ini 2 anak saya yang terlahir semua perempuan. makanya saya bilang antara percaya dan gak 50 50 , alias imbang.

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com