Berlangganan

Dampak Full Day School Bagi Anak

....

Pendidikan - Tidak bisa dipungkiri lagi kalau sebuah generasi akan memiliki daya saing yang tinggi jika dibekali dengan pendidikan dan juga ketrampilan, dan itu sudah jauh jauh hari di rasakan semua lapisan masyarakat Indonesia meski angka putus sekolah berdasarkan data UNICEF tergolong masih tinggi. Hal ini memunculkan sebuah konsep pendidikan yang paling tepat untuk bangsa ini .

Gagasan Ful Day School tampaknya akan menjadi sebuah perbincangan yang terus berlanjut dari yang pro dan kontra , hanya saja mungkin gagasan ini hanya akan cocok untuk satu daerah dengan komunitas orang tua pekerja baik sang ayah dan ibu yang sama sama bekerja. Akan kurang cocok jika diterapkan di kota saya kenapa?

Mari kita urai satu per satu kenapa Gagasan Ful Day School kurang cocok  , dengan masyarakat yang agamis sekolah di sini mengenal 2 sekolah yaitu sekolah umum dan sekolah agama yang mana waktunya juga berbeda meski kita sudah mendapatkan pelajaran agama di sekolah.

Sekolah umum kebanyakan waktu belajarnya dari mulai pagi jam 7 sampai jam 13.30 untuk tingkatan menengah dan untuk tingkat dasar pulangnya jm 11.30. Berdasarkan pengalaman putri saya yang baru kelas 1 Madrasah , sering bilang kalau sekolahnya kelamaan dan bikin lapar sehingga ada perasaan kurang semangat dalam bersekolah,, hal ini disambung lagi dengan sekolah agama yang banyak tersebar di Kabupaten Kudus . Istilahnya sekolah sore khusus pelajaran ilmu agama Islam.

Sekolah keagamaan bisanya di mulai jam 15.30 sampai 17.00 , nah masalah yang sering timbul adalah jika gagasan ini muncul Full day School akan meniadakan sekolah sore untuk anak anak. hal ini pernah saya alami di waktu dulu saat sekolah 5 hari  dan terpaksa keluar dari madrasah sore karena sekolah umum pulangnya sampai jam 15. Dan akhirnya sudah bisa ditebak.

Full Day School


Sisi lain dari jam sekolah yang lama akan membuat anak kelelahan dan juga bosan karena banyak menghabiskan waktu disekolah dan waktu bermain dengan teman mereka yang bukan sekolah menjadi berkurang. Mungkin akan berhasil disatu sisi tetapi akan mengorbankan satu sisi pendidikan yang sama sama penting bagi anak anak.

Pendapat saya pribadi silahkan jika ada yang setuju dengan full day school , tapi pengkajian yang lebih untuk daerah daerah dengan budaya dan kebiasann Islami termasuk dalam hal pendidikan. Karena pendidikan umum juga penting , pendidikan agama juga sangat diperlukan bagi anak anak sebagai bekal spiritual dalam kehidupannya.

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com