Berlangganan

Beberapa Sektor Industri Yang Bisa Selamatkan Nilai Tukar Rupiah

Rupiah - Nilai tukar sebuah mata uang sangat tergantung kemampuan negara tersebut dalam memenuhi kewajiban dan kebutuhannya dalam berbagai bidang, semakin sering sebuah negara mengimpor barang maka semakin terpuruk nilai mata uang tersebut. Bahkan mata uang akan turun drastis jika pemerintah tak melindungi nilainya dengan cadangan devisa ataupun emas.

Rupiah menjadi salah satu mata uang lemah didunia hal ini terlihat dari nilainya terhadap mata uang kuat seperti US dollar dan Poundsterling Inggris. Fluktuasi rupiah akan terlihat stabil dan landai jika ekonomi dalam negeri mapan , salah satu nya dengan sektor industri yang bisa menyelamatkan nilai tukar rupiah.

Yang paling signifikan dalam menyelamatkan  nilai tukar mata uang kita adalah industri yang mampu menarik mata uang asing   ke dalam negeri , bisa di contohkan sektor industri;

1. Pariwisata
Program pemerintah untuk membebaskan visa terhadap turis manca negara terbukti ampuh dalam meningkatkan candangan devisa di luar negeri sehingga mampu meredam gejolak rupiah terhadap mata uang asing.

Potensi pada sektor pariwisata ini juga harus segera dimanfaatkan oleh pemerintah seiring dengan adanya program pengampunan pajak atau tax amnesty. Dengan begitu, maka nilai tukar Rupiah dapat stabil bahkan cenderung dapat menguat kembali.

2. Industri Kreatif berorientasi ekspor
Negara kita kaya dengan ide dan juga hasil kreatiftas anak bangsa yang mampu untuk dijual di luar negeri, salah satunya adalah industri animasi meski masih terbatas tetapi kedepannya bisa dijadikan sebuah industri untuk menambah cadangan devisa di luar negeri, selain itu industri kreatif tidak terbatas pada satu ide saja tetapi bisa neragam ide yang dijual ke pasar internasional.

Industri pariwisata
                                              gambar: Facebook.com

3. Sektor maritim
dengan luas wilayah yang sebagian besar berupa lautan, kita bisa menggali lebih dalam lagi potensi maritim kita untuk diolah dan di jual ke luar negeri, sayangnya banyak kekayaan maritim kita di curi negara lain karena kurangnya pengawasan dan tata kelola yang kurang memadai.

Dan masih banyak lagi sektor industri yang bisa dijadikan sebagai pendongkrak cadangan mata devisa di luar negeri, salah satu yang dianggap remeh adalah pahlawan devisa yang mana banyak pekerja kita berada di luar negeri dan mengirimkan hasil jerih payahnya masuk ke dalam negeri kita. Meski kadang berskala personal namun ada ribuan buruh kita di luar negeri yang setiap tahunnya mengirimkan devisa masuk ke negara ini.

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com