Searching...

Galaunya Poundsterling Menunggu Brexit Referendum

June 20, 2016
Trading - Tampakanya referendum Brexxit yang akan digulirkan hari kamis akan mempengaruhi sikap investor yang mana diyakini nilai Pound akan terjun bebas karena ketidaktertarikanya pada mata uang ini. Hal ini akan berpengaruh besar pada ekonomi khususnya di wilayah Eropa yang di picu keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Aksi jual besar besaran mungkin saja langkah cepat yang bisa diambil trader saat ini untuk menghindari kerugian jangka pendek atau menengah karena ketidakpastian situasi ekonomi  jika benar benar terjadi Inggris keluar dari Uni Eropa.

Fokus investor terpusat pada pengumuman kebijakan Bank of England yang secara umum diprediksi tidak akan meningkatkan suku bunga Inggris. Menurut Lukman, sentimen tersebut sama sekali tidak mengejutkan karena isu Brexit dan data domestik yang tidak menggembirakan tidak memberi peluang untuk BoE mengambil langkah kebijakan.

Brexit referendum
Sejumlah ekonom memandang, aksi keluarnya Inggris dari Uni Eropa akan buruk untuk prospek ekonomi Inggris.

Pada polling yang dilakukan FT, lebih dari 100 orang ekonomi berpikir jika Brexit tidak akan menumbuhkan ekonomi Inggris.

Prospek ekonomi Inggris jangka menengah, selama tiga kuartal pasca-Inggris keluar dari Uni Eropa akan membuat outlook ekonomi berbahaya.

Hanya 8 persen yang berpendapat jika ekonomi Inggris akan membaik pasca-keluar dari Uni Eropa. Sementara kurang dari 20 persen koresponden menyatakan Brexit akan membuat perubahan.

lebih dari 50 persen ekspor Inggris ditujukan ke UE, dan jika Brexit terjadi, maka semua barang ekspor tersebut akan dihadapkan pada hambatan-hambatan tarif dan non-tarif yang lebih besar. Di sisi lain, ekspor EU ke Inggris hanya 6.6 persen saja.

Dampak ekonomi jika Inggris keluar dari Uni Eropa, akan bergantung pada perjanjian macam apa yang bisa terbangun. Menurut beberapa skenario yang dibuat oleh lembaga swadaya Open Europe, dalam skenario terburuk, GDP Inggris tahun 2030 tanpa UE akan 2.2 persen lebih rendah dibanding jika tetap dalam UE; sedangkan dalam skenario terbaik dimana kesepakatan optimum tercapai, maka GDP Inggris justru bisa lebih maju 1.55 persen dibanding jika tetap dalam UE.

Kita tunggu apa yang akan terjadi dengan masa depan ekonomi dari negeri Ratu Elizabeth ini dan dampaknya bagi ekonomi global.

Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com