Searching...

Asam Lambung Naik, Ini Yang Harus Dilakukan Saat Puasa

June 11, 2016
Kesehatan - Pernah merasakan pahit yang berlebih saat berpuasa di Bulan Ramadhan bisa jadi ini adalah asam lambung yang berlebih yang cukup mengganggu kita dalam melaksanakan kewajiban ini. Tapi sebelum berbicara lebih jauh kita kenali dulu apa itu asam lambung.

 Gastro esophageal reflux disease (GERD) atau yang dikenal dengan kondisi naiknya asam lambung merupakan salah satu penyakit yang bisa kambuh saat menjalani puasa. Sebenarnya penyakit asam lambung ini bisa muncul justru karena kebiasaan kita dalam melaksanakan puasa itu sendiri. Selain terjadi pencernaan mekanik yang dilakukan gigi saat mengunyah makanan yang besar dan kasar lalu di telan dan di teruskan dengan pencernaan kimiawi yang terjadi di lambung dengan bantuan beberapa enzim  yang disesuaikan termasuk asam lambung .

Nah jika jumlahnya berlebih maka asam lambung akan membuat perut tidak nyaman, ciri asam lamung naik adalah dada terasa panas ,sesak dan terbakar . hal ini tak lepas dari kebiasaan makan saat berbuka puasa dan sahur yang berlebihan sehingga lambung terisi melebihi kapasitasnya.  Rasulullah saw mengajarkan kepada umatnya untuk tidak memenuhi hawa-nafsunya terhadap makanan yang dikonsumsinya. beliau saw bersabda,

مَا مَلأَ ابْنُ آدَمَ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسَبِ ابْنِ آدَمَ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ فَاعِلاً فَثُلُثُ لِطَعَامِهِ وَثُلُثُ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

artinya, “Tidak ada tempat paling buruk yang dipenuhi isinya oleh manusia, kecuali perutnya, karena sebenarnya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Kalaupun ia ingin makan, hendaknya ia atur dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR. Ahmad, an-Nasa’i dan At-Tirmidzi)

subuh

Selain itu kebiasaan berbaring atau tiduran setelah makan membuat isis lambung termasuk asam lambung berbalik arah menuju kerongkongan yang menyebabkan katup lambung terbuka yang memudahkan asam lambung naik..

Nah sekarang kita bisa mencegah penyakit asam lambung saat berpuasa dengan menghindarai kebiasaan seperti diatas. Selamat menjalankan ibadah puasa !
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com