Searching...

Memanfaatkan Energi Tenaga Surya Untuk Rumah Tangga, Untung Apa Rugi?

May 29, 2016
Energi Terbarukan - Dunia semakin lama semakin sesak dengan segal pertumbuhan penduduknya dan masalah polusi yang tak kunjung bisa teratasi, kalaupun ada yang perduli dengan lingkungan pasti akan dianggap tidak mengikuti arus bahkan bisa dianggap sebagai orang aneh padahal fakta saat ini sering terjadi pemadaman listrik bergilir yang sangat merugikan konsumen tapi tetap saja terus berulang dengan berbagai alasan.

Energi yang cukup melimpah di negara tropis apa lagi kalau bukan sinar matahari karena hampir lebih 8 bulan kita mendapatkan sinar matahari dengan intensitas yang cukup untuk diolah menjadi energi meski tidak harus berskala besar, paling tidak kita bisa memulainya di kalangan rumah tangga dengan memasang panel surya. namun sampai  saat ini energi surya masih sulit mendapatkan tempat di hati masyarakat karena berbagai faktor untung dan ruginya misalkan saja

1. Biaya pemasangan dan perawatan energi surya cukup besar dikarenakan sel surya biasanya masih diimpor dari luar negeri dan dengan sedikit tenaga ahli dalam memasang dan perawatan berkala membuat biaya yang dikeluarkan menjadi besar. namun demikian ada beberapa keuntungan  yang bisa diperolah yaitu,

2. Energi gratis dan bersih dari sinar matahari karena kita hidup di daerah tropis hal ini membuat sinar matahari melimpah dan juga cukup untuk memnuhi kebutuhan listrik rumah tangga.

3. Selain itu kita tidak tergantung pada perusahaan listrik hal ini membuat suplai listrik bisa dialihkan ke daerah daerah yang belum merasakan listrik seperti di pedalaman.

4. Tidak terus menerus alias tidak konsisten adalah kekurangan energi ini karena ada pergantian siang dan malam serta datangnya musim penghujan yang membuat sinar matahari kadang meredup . meski kita bisa memberi tambahan energi pada musim itu dengan yang lain.

Pemanas air tenaga surya


Akan lebih bagus lagi ketika kita bisa memanfaat biogas untuk kebutuhan gas rumah tangga baik dari kotoran hewan maupun dari limbah cair perusahaan tahu atau sampah yang di buat fermentasi sehingga didapat gas yang bersih dan ramah lingkungan.

Mewujudkan sebuah energi yang ramah lingkungan yang murah serta tahan lama masih menjadi PR besar bagi kita apalagi jika dalam hal ini pemerintah tidak mendukung maka akan sia sia. namun untuk memulainya tidak ada kata terlambat dan bisa dimulai dari diri kita sendiri dan keluarga.

Memanfaatkan tenaga surya untuk memanaskan air untuk mandi bisa jadi bukti nyata dalam gerakan ramah lingkungan meski harga pemanas air tenaga surya relatif mahal. Dan brand yang terkenal untuk urusan yang satu ini adalah ARISTON
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com