Searching...

Respon IHSG Ketika Harga BBM Turun

April 04, 2016
Pasar Saham - Sejak beberapa hari kemarin pemerintah menurunkan harga BBM premium dan solar sekitar 7,2 % atau dikisaran Rp 500,00 yang mana ini menjadi angin segar karena secara otomatis daya beli masyarakat menjadi naik dan menekan inflasi yang saat ini berkisar diangka 0,19%. Namun apakah ini bisa sangat berpengaruh terhadap laju IHSG di dalam pasar modal?

Bagaimanapun juga segala indikator dan sentimen positif selalu di di respon meski sangat kecil karena penurunan harga BBM selalu membawa akibat yang besar dalam kehidupan ekonomi suatu bangsa, sehingga akan dipikirkan matang ketika keputusan tersebut diambil. Tidak mudah memang karena  didalam pasar saham sendiri terjadi kumulatif setiap saat baik dari dalam maupun luar . Faktor dalam negeri kadang memicu kenaikan harga saham gabungan pun demikian juga faktor eksternal juga bisa sebaliknya.

hal yang pasti pemotongan subsidi BBM biasanya di fokuskan untuk program yang dianggap urgent dalam jangka pendek dan bisa diteruskan di jangka panajnag seperti pembangunan infrastruktur dan pondasi ekonomi kerakyatan.

Salah satu efek dari penurunan BBM ditengah masyarakat yang labil adalah menumbuhkan optimisme pasar ditingkat terbawah dengan bergairahnya UKM serta di tunjang dengan penyerapan kredit oleh masyarakat. Hal ini membuat ekonomi mulai meunjukkan hasil positif.

Kembali ke IHSG yang mana respon positif dengan keputusan pemerintah, demikian juga saat penurunan harga premium di berlakukan , pasar juga merespon positif ini bisa menjadi modal awal dalam meneruskan suatu kebijakan dalam negeri.

Seperti di lansir dari seputarforex.com " Ketua The Fed telah berbicara pada economic club di New York, yang mengandung sinyal dovish (resiko ekonomi rendah, sehingga pelonggaran moneter tetap di level yang rendah dengan melakukan stimulus ekonomi-suku bunga rendah).

Hal ini menjawab keragu-raguan investor mengenai peluang kenaikan suku bunga acuan The Fed yang dapat membawa ketidakstabilan di pasar saham global. Tentu dalam jangka pendek investor dapat kembali mengakumulasi beli di pasar saham sambil tetap memperhatikan data-data ekonomi di pekan ini yang menggambarkan tingkat pengangguran Amerika Serikat (AS) di hari Jumat, serta jangan lupakan juga data CFLP manufacturing di China yang menjelaskan tingkat 'kesehatan' sektor manufacturing di sana.

Sebagai penutup, IHSG pada pekan ini sukses di tutup pada zona bullish dalam sepekan, dan kembali berada di atas 4,800 yang kami nilai ini adalah level support kuat baru bagi IHSG di tahun 2016."
 ini menandakan sinyal positif ekonomi dunia di masa depan dengan melonggarkan aturan moneter di tingkat bawah. Dan semua itu juga berpengaruh pada pasar saham dalam negeri.


Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com