Searching...

Kenapa Malam Jumat Dianggap Keramat?

March 20, 2016
Mitos - Masyarakat khusunya orang Jawa sering mengaitkan malam jumat dengan segala sesuatu yang mistis termasuk dianggap keramat, padahal menurut Islam malam jumat malam yang baik bahkan hari jumatnya adalah hari besar karena dimuliakan. Jika kita beribadah di hari jumat maka akan di kalikan sepuluh kali lipat dan juga sebaliknya..

Bahkan dalam masyarakat modern pun menganggap malam jumat malam yang ngerikan karena penuh dengan kesialan , hal ini ditandai dengan adanya The Friday 13th yang menjadi sesuatu sebagai hal yang tidak baik.

Namun ada juga anggapan yang salah tentang malam jumat yang dihubungkan dengan sunnah rosul, anggapan bahwa berhubungan badan di malam tersebut dianggap baik padahal itu hal yang salah. Sedangkan yang benar dilakukan pada malam juma adalah;

 1. Memperbanyak membaca Shalawat ,
sabda Beliau Saw ; “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at , maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi)

2. Membaca Al Qur'an khususnya surat Al Kahfi .
Beliau saw bersabda ,: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim)

3. Memperkuat do’a , karena Rasulullah Saw bersabda ; “Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.” (HR. Abu Dawud);

4. Shalat Jum'at , Rasulullah Saw bersabda ; “Salat Jumat itu wajib atas tiap muslim dilaksanakan secara berjamaah terkecuali empat golongan yaitu hamba sahaya , perempuan , anak kecil dan orang sakit. (HR.Abu Daud dan Al Hakim)

5. Ziarah Kubur,
dari Abu Bakar Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa berziarah kubur kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari Jum‘at, kemudian membaca surat “Yasin wa al-Qur’an al-Hakim”, maka diampunilah dia sebanyak jumlah ayat dan huruf dari surat itu.” (HR. Dailamy)

Sedangkan dalam masyarakat kita yang masih menhidupkan kepercayaan , malam jumat biasanya dipasangkan dengan pasaran , misalkan saja malam jumat kliwon yang dianggap paling keramat dibandingkan dengan yang lain.

 Memang, Allah menciptakan semua hari dengan keistimewaan masing-masing. Salah satunya adalah hari jum’at. Dengan keistimewaan yang dimiliki hendaknya kita mengisi hari itu dengan ibadah dan hal-hal yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah.

Penjelasan singkat ini perupaya mengajak pembaca untuk memahami sesuatu secara menyeluruh sehingga mendapatkan hikmah dan tidak terjebak pada hal-hal yang justru menjauhkan kita dari Allah. Bukan melakukan ritual yang keluar dari syariat dan menghamba kepada setan atau sebangsanya.
Baca juga Garis hidup kangjum menurut primbon
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com