Berlangganan

Kenali Reksa Dana Yang Cocok Supaya Gak Rugi

....

Reksa Dana - Tak kenal maka tak sayang , seperti itulah ungkapan yang cocok untuk model reksan dana. Dalam masyarakat saat ini biasanya ada 4 macam reksa dana yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap , campuran dan juga reksa dana saham. masing masing mempunyai keunggulan dan juga resiko yang berbeda satu sama yang lain.

Untuk kita yang masyarakat sedikit awam , pasar uang adalah sebutan untuk semua surat berharga yang jatuh temponya kurang dari setahun.dan contoh konkritnya adalah deposito yang jatuh tempo misalkan 1sampai 12 bulan.

Obligasi yang memiliki jangka waktu lebih dari 1 tahun seperti Sukuk Ritel yang baru diterbitkan beberapa waktu lalu juga akan menjadi pasar uang apabila sudah berjalan selama beberapa waktu dan sisa jatuh temponya kurang dari 1 tahun.

Secara peraturan, reksa dana saham wajib menginvestasi dananya minimum 80% di instrumen saham dan untuk reksa dana pendapatan tetap adalah minimum 80% di obligasi.

Untuk reksa dana pasar uang ketentuan yang berlaku adalah 100% di instrumen pasar uang. Dengan semakin berkembangnya ekonomi kerakyatan saat ini, investasi yang dianggap minim resiko dan memberikan banyak keuntungan serta aman menjadi buruan mereka yang mempunyai penghasilan lebih.

Namun sebelum terlalu jauh membicarakan keuntungan reksa dana , sebaiknya kenali resikonya dalam berinvestasi, 
Investor harus menyadari bahwa dengan berinvestasi dalam Reksa Dana, tidak ada jaminan untuk mendapatkan pembagian dividen, keuntungan, ataupun kenaikan modal investasi.
Risiko Umum Pasar Modal

Setiap pembelian efek akan melibatkan beberapa unsur risiko pasar. Oleh karena itu, Reksa Dana mungkin rentan terhadap perubahan kondisi pasar yang merupakan hasil dari:

*   Global, regional atau perkembangan ekonomi nasional;
*   Kebijakan pemerintah atau kondisi politik;
*   Development in regulatory framework, law and legal issues
*   Pergerakan suku bunga secara umum;
*   Sentimen investor yang luas, dan
*   Guncangan eksternal (misalnya: bencana alam , perang dan lain-lain)



Hal yang Mesti Dipikirkan Sebelum Menggunakan Reksa Dana

Mengingat ada risiko yang bisa mengancam uang Anda dalam investasi reksa dana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menjadikan reksa dana sebagai pilihan investasi, antara lain:

    Disarankan melakukan investasi reksa dana minimal 3 tahun supaya investor bisa menikmati return yang lebih baik. Jika menginginkan return dalam jangka waktu kurang dari 3 tahun sebaiknya memilih alternatif investasi lain seperti reksa dana pendapatan tetap atau investasi deposito.

    Jangan lupa untuk menanyakan biaya yang mungkin timbul dari produk yang diminati. Setiap produk biasanya memberikan tarif biaya yang berbeda yaitu berkisar antara 0-2%.

    Sebagian besar bank merupakan agen reksa dana namun tidak semua produk tersedia di bank. Maka Anda selaku investor harus bisa memilih reksa dana terbaik.

    Jangan anggap reksa dana tidak memiliki risiko. Pertimbangkan risiko dan potensi keuntungan dari keputusan Anda memilih reksa dana.

Pengenalan yang mendalam tentang model investasi bisa mengubah antara rugi dan untung begitu juga dalam dunia investasi reksa dana. Kenali dan pahami agar nikmat bisa digengam.
Baca juga Investasi yang cocok untuk tahun ini

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com