Searching...

Apa Hubungannya Gerhana Matahari Total Dengan Naiknya IHSG?

March 04, 2016
Trading Forex - Tampaknya fenomena gerhana matahari total menjadi daya tarik luar biasa terutama di dunia pariwisata. Apalagi ada daerah di Indonesia yang benar benar gelap nantinya saat terjadi GMT. Seperti di lansir Nastional Geograpic Indonesia peristiwa ini hanya akan terjadi selama 35o tahun sekali. Jadi seumur hidup orang hanya akan melihat sekali saja.

Namun, tidak semua masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan gerhana matahari total secara langsung. Menurut BMKG, hanya 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total. Ke-11 provinsi tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Kejadian gerhana ini akan terjadi pada pagi hari. Meski demikian, setiap wilayah memiliki waktu yang berbeda-beda. Di wilayah Indonesia barat, gerhana mulai pukul 06.20 WIB di wilayah Palembang dan mencapai puncaknya pukul 07.21; wilayah Tanjung Pandan mulai pukul 06.21 dan mencapai puncaknya 07.23 WIB; wilayah Palangkaraya mulai pukul 06.23 dan mencapai puncaknya 07.30 WIB; dan di wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB.
 
Gerhana Matahari Total
Dan tahukan kalau cuma terjadi di Indonesia sudah pasti orang diseluruh dunia akan berbondong bondong menyaksikan fenomena alam itu sehingga tingkat kunjungan wisman menjadi naik, hal ini menjadi sentimen positif IHSG. 

Gerhana matahari sebenarnya sama dengan siklus pergantian bulan baru (new moon). Menurut perhitungannya, pergerakan indeks Indonesia setiap new moon cenderung selalu menguat.

Secara historically, indeks kita itu kalau menjelang new moon tendensinya cenderung menguat. Jadi artinya kalau siklusnya terulang lagi maka akan ada resistance baru pada saat gerhana matahari itu.
 
Nah sekarang jadi tahu kan apa hubungannya gerhana matahari total dengan naiknya IHSG di pasar modal, setidaknya penjelasan diatas memberikan gambaran sederhana. 
Disarikan dari Okezone dan National geographicIndonesia.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com