Searching...

Waspadai Emerging Market Dalam Waktu Dekat

August 01, 2015
Kang Jum - Apa itu Emerging market? Adalah kondisi yang dialami negara berkembang karena terjadinya krisi mata uang seperti tahun 1997 sampai 1998 yang menghamtam sangat parah di kawasan negara berkembang termasuk Indonesia. Kenapa patut diwaspadi dalam waktu dekat? karena banyaknya faktor yang mendorong kenaikan mata uang Dollar Amerika yang sanggup memicu krisis mata uang reginoal bahkan global.

Keputusan The Fed menaikkan suku bunga entah kapan sudah pasti akan menaikkan mata uang negeri Paman Sam karena investor berlomba untuk menarik modalnya dan masuk ke dalam pasar modal Amerika sehingga terjadi kelangkaan mata uang dollar di semua pasar modal. Dan sesuai hukum ekonomi akan menaikkan kurs mata uang ini.

Disisi lain faktor dalam negeri sendiri masih terkendala dengan melambatnya ekonomi dalam negeri dan  China, kita tahu bagaimana China menjadi tujuan utama ekspor kita yang mau tak mau juga mengalami penurunan. Hal lain yang diluar kendali manusia adalah kemarau panjang akibat dari El Nino yang membuat produksi bahan pangan menurun, dan biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemerintah akan membuka kran impor yang berarti juga meggerus cadangan devisa kita diluar negeri.

Aapalagi penguatan mata uang dollar yang terlalu cepat akan membuat dampak negatif di semua sektor, ini menjadi tekanan berat bagi pasar negara berkembang termasuk Indonesia. Dan imbas dari semua ini adalah produktifitas dalam negeri menurun karena banyak industri kita bergantung dari bahan impor yang di beli dengan mata uang Dollar Amerika sehingga yang terparah adalah melemahnya daya beli masyarakat dan melambungnya harga bahan pokok. Anda sudah siap?
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com