Searching...

Teknologi Minim Gesekan Honda Sonic 150 R Mirip Kawasaki Ninja?

August 19, 2015
Kang Jum - Sudah menjadi hal wajib untuk motor modern segala efisiensi wajib diterapkan agar menghasilkan motor dengan teknologi terdepan dan juga ramah lingkungan. Setelah lolos uji emisi Euro 3 tampaknya efisiensi mesin dan bahan bakar juga sudah mulai diterapkan , untuk bahan bakar menggunakan sistem injeksi dengan kompresi  tinggi yang harus diberi minum BBM beroktan tinggi pula. Jadi kalau di beri bensin pastilah tenaganya akan loyo.

Dulu ketika kawasaki Ninja 2 tak pertama kali muncul sudah menerapkan teknologi canggih di jamannya seperti Kipps dan super KIPPS, serta tidak menggunakan boreng yang terbuat dari baca. Lebih pada pemasangan coating plate bertegangan tinggi sehingga wadah piston cuma di coating sehingga mempunyai pori pori untuk menyimpan ali dalam meminimalkan gesekan antara piston dan block silinder.

Sekarang Honda juga menerapkan efisiensi gesekan di area yang sama dengan  teknologi minim gesekan yang diterapkan Honda di antaranya menggeser silinder (offset cylinder) 4 milimeter dari pusat mesin ke arah knalpot dan menggunakan piston dengan pola berlubang.

Offset cylinder berfungsi mengurangi gesekan akibat tekanan lateral yang terjadi antara piston dan silinder selama pembakaran.

Sementara itu, piston dilapisi dengan molybdenum berfungsi untuk mengurangi gesekan piston ke silinder saat awal motor dihidupkan maupun saat mesin sudah hidup. Piston telah diberi wide streaks mark (pola bintik). Fungsinya menjebak oli supaya tidak langsung turun ke bak mesin sehingga dapat mengurangi gesekan. Ini mirip dengan teknologi Kawasaki Ninja 2 tak tetapi yang bisa menyerap bagian block silinder jadi kebalikan sama teknologi Honda ini.

Teknologi minim gesekan pada mesin generasi terbaru yang telah dipasangkan ke sepeda motor all new Honda CB150R StreetFire dan new Sonic 150R.Penerapan teknologi minim gesekan mesin 150 cc generasi terbaru tidak hanya membuat mesin efisien, tapi juga lebih bertenaga.

Teknologi irit Honda Sonic 150R
Tampaknya anggapan Motor Honda adalah motor keluarga memang tepat, meskipun mengusung motor sport masih juga tetap irit. Kita tunggu respons masyarakat.
Baca juga Spesifikasi dan Harga Honda Sonic 150R
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com