Berlangganan

Sistem Pembayaran Tidak Sesuai Syariah, BPJS Haram?

....

Kang jum - Polemik BPJS kesehatan mengundang perhatian kita karena secara mengejutkan Majelis Ulama Indonesia memfatwakan tidak sesuai dengan syariah islam. Hal ini terkait dengan akad antar pihak yang bersangkutan.

MUI menilai program dan modus transaksional yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan belum mencerminkan konsep ideal jaminan sosial dalam Islam, terlebih jika dilihat dari hubungan hukum atau akad antarpara pihak.

Hal itu dilihat dari prespektif ekonomi Islam dn fiqh mu'amalah, dengan merujuk pada fatwa Dewan Syariah Nasional dan beberapa literatur.

Sehingga dapat dikatakan penyelenggaraan tersebut mengandung unsur ghararn maisir, dan juga riba. Dan andaikata MUI mengharamkan sistemm pembayaran BPJS maka pemerintah harus mengubah sistem pemabayaran agar bisa diterima semua kalangan termasuk umat muslim.

Dari aspek dalil 'aqli, MUI menilai bahwa sistem jaminan sosial seharusnya berpedoman pada asas tolong-menolong, individunya saling menjaamin satu sama lain, dan wilayahnya merasakan kecintaan persaudaraan, serta itsar atau mendahulukan kepentingan orang lain.

BPJS syariah
Dengan demikian wajib bagi setiap individu umat Islam untuk memenuhi batas minimal kebutuhan hidup seperti sandang, pangan, papan, pendidikan, sarana kesehatan, dan pengobatan

Dengan demikian maka aturan BPJS tidak wajib ditaati karena tidak sesuai dengan syarita Islam , dan ini akan menjadi polemik tersendiri dalam masyarakat kita dalam mengikuti program pemerintah ini.


Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com