Searching...

Sidang Isbat Tertutup Untuk Awam, Lebaran Mungkin Beda

July 14, 2015
Kang Jum - Sidang Isbat untuk menentukan kapan hari terakhir puasa dan kapan idul fitri akan di selenggarakan 16 Juli 2015 dan tertutup untuk umum. Seperti pelaksanaan sebelumnya sidang ini akan banyak dihadiri oleh tokoh tokoh yang berkompeten terhadap penentuan 1 Syawal melibatkan tokoh Masyarakat dan juga ahli astronomi.

Menag  mengatakan Kementerian Agama akan mengumpulkan sejumlah perukyat yang berkompeten dan telah disumpah untuk menyaksikan bulan (hilal) di titik-titik tertentu di Indonesia.

Pemerintah akan menunggu hasil isbat untuk menentukan 1 Syawal dan berharap perayaan Idul fitri bisa sama dan tetapi jika memang tidak sama , pemerintah akan menghargai setiap perbedaan itu seperti pada tahun tahun sebelumnya.

Sebelumnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah memutuskan 1 Syawal 1436 H akan jatuh pada hari Jumat, 17 Juli 2015. Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar mengatakan, Ijtimak jelang Syawal 1436 H terjadi pada Kamis Legi 16 Juli 2015 pada pukul 08:26:29 WIB, tinggi bulan pada saat terbenam di Yogyakarta +03 derajad 03′ 22″, hilal sudah wujud. Di seluruh Indonesia pada saat matahari terbenam bulan berada di atas ufuk.

Tetapi Islam di Indonesia yang sangat unik sehingga meskipun sering terjadi perbedaan dalam merayakan lebaran, kita masih saling menghormati satu sama lain dan ini menambah ukuwah islamiyah.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com