Searching...

Keberanian Rakyat Yunani Menolak Dana Utang, Membuat Rupiah Semakin Tertekan

July 06, 2015
Kang Jum - Tampaknya refrendum yang dilakukan rakyat Yunani yang berani menolak utang baru dengan berbagai persyaratan membuat mata uang Euro tertekan dan anjlok terhadap dollar Amerika, hal ini juga memicu kejatuhan dan pelemahan rupiah dalam jangka beberapa bulan kedepan. Apalagi stigma The Fed rate masih saja belum ada kepastian untuk tahun ini. Hal ini banyak dikhawatirkan oleh pelaku usaha dan menghimbau pemerintah dalam hal ini BI agar menaikkan suku bunganya untuk mencegah dana investor kabur ke luar negeri.

Pagi ini Rupiah kembali melemah dikisaran 13.300 yang mana ada kemungkinan melemah lagi disesi berikutnya, hal ini cukup beralasan karena krisi Yunani juga berdampak besar pada mata uang kuat eropa Euro dan membuat dollar semakin perkasa.

Kebijakan untuk tidak menggunakan Dollar dalam transaksi di dalam negeri belum memberi sentimen positif pada pasar uang, karena minimnya sentimen dari dalam negeri. Sektor agro bisni yang dianggap bisa menaikkan jumlah ekspor kita keluar negeri dalam membendung defisit keuangan yang terjadi karena besarnya impor bahan bakar minyak dan sektor energi lainnya masih belum menampakkan hasil yang signifikan. Bahkan perdagangan di lantai bursa , IHSG di buka selalu stagnan dan bahkan cenderung menurun.

Hal yang segera dilaksanakan dalam jangka pendek adalah intervensi Rupiah oleh pemerintah secara terukur sehingga tidak membahayakan cadangan devisa negara, hal ini perlu dilakukan dengan kajian yang hati hati agar Rupiah tidak jatuh terlalu dalam.

Dengan adanya intervensi Rupiah oleh pemerintah akan membawa angin segar dalam  pasar uang yang mana investor menganggap itu sebagai langkah konkrit perlindungan terhadap pasar dan bisa menjadi snyal positif. Kita tunggu saja bagaiman ekonomi negara kita kedepannya , selain gempuran ekonomi dari luar negeri berupa krisi Yunani  dan gempuran dalam negeri yang mana angka inflasi bulan ini yang bertepatan dengan perayaan lebaran masih bisa menjadi batu sandungan dalam membuat ekonomi kita menuju arah yang lebih baik.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com