Searching...

Template Lebar Versus Template Sempit, Mana Yang Terbaik?

June 05, 2015
Berbicara masalah template mungkin banyak sekali argumen yang bisa anda tampilkan ,bahkan untuk pemain Adsense seperti kita , template sangatlah penting dan juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan PO kita tiap bulan, tapi untuk blog ini pengecualian karena seharusnya gak dipasangi iklan Adsense.

Pertimbangan dalam memilih  template bagi Kang Jum adalah;

1. Simple
Saya sangat menyukai hal hal yang simple karena dalam hidup sesuatu yang mudah jangan di persulit dan kalau bisa yang sulit jadikan lebih mudah, itu juga berlaku dalam ngeblog,  Caranya? paling tidak dengan sering mencoba dan dan mengamati perubahan dalam blog anda sendiri. kalau bukan kita siapa lagi?

2. Fast Loading
Biasanya kalau simple itu bawaannya fast loading , maunya saya begitu tetapi kadangkala template yang sudah ringan menjadi berat dengan adanya penambahan sebagai berikut;

* Script anti klik boom, biasanya js memblokir render kalau gak salah dan kebetulan saya sulit mengatasinya. Tapi gak papa asal akun Adsense kita aman dari orang iseng.

* Script iklan, meskipun sudah canggih iklan jaman sekarang tetapi banyak blogger menambahkan iklan yang banyak sehingga template menjadi berat untuk dibuka.

* Script komentar dan juga tombol share ke sosial media, jaman sekarang memang kurang bagus kalau blog adsense sering di share ke sosial media karena memang trafik oraganik tidak datang dari sosial media. Tetapi untuk diversifikasi pengunjung masih sah sah saja. Misalkan saja share ke Stumbleupon,Digg dan Linkedin sering saya lakukan.

* Dan masih banyak lagi yang mungkin saya belum pernah melakukannya sehingga gak berani menuliskan disini, takutnya rancu bagi pengunjung blog ini.

Template Lebar Responsive

Terus terang saya menyukai template lebar responsive untuk blog blog tertentu ,karena memang tidak semua topik blog cocok menggunakan template lebar responsive. Dari pengamatan yang terpakai di blog kang Jum menyimpan sedikit catatan tentang niche blog yang cocok , salah satunya adalah;

- Blog dengan topik tutorial bagi wanita (fashion dan make up) , gambar blog yang besar menarik perhatian pengunjung.

- Blog personal seperti blog yang anda baca ini cocok dengan template lebar responsive ,alasannya karena ada navigasi forum diskusi adsense bersama saya.

Keuntungan
Berkaca pada blog blog besar yang dikelola secara profesional ,tampaknya blog dengan tampilan lebar lebih nayaman dikunjungi orang sehingga trafiknya bertambah terus.

Kerugian
Karena lebar dan jangkauan mata terbatas apalagi jika sudah malem banget sehingga iklan jarang di klik orang hanya saja nilai CPC untuk template lebar lebih gede dibandingkan yang template sempit. bahkan dalam sekali klik bisa dapet 4 sampai 7 dollar di blog ini.

Template  Sempit Responsive
Disini arti sempit bukannya sempit banget ,paling tidak lebar kolom konten atau artikel lebih dari 600 px dan sidebar 300 px. ini untuk menghindari banned Adsense.

Keuntungan

CTR iklan gede karena perhatian mata pengunjung lebih fokus pada konten dan iklan,selain itu iklan juga mudah di jangkau .
Loading blog dengan template yang sempit biasanya lebih ringan dari yang satunya.

Kekurangannya

Nilai CPC iklan dari blog model begini biasanya sangat kecil karena kita sering menggunakan iklan responsive sehingga klik sering terjadi dari pengunjung mobile. Kita tahu anggaran belanja iklan versi seluler lebih murah dibandingkan versi desktop.

Dari ulasan diatas ,menurut sobat mana yang akan dipilih? beritahu saya dengan alasannya?
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com