Searching...

Strategi Manajemen Resiko Untuk Sistem TI

June 23, 2015
Dalam setiap model bisnis apapun pastilh selalu memikirkan sebuah resiko yang mana perlu suatu manajemen agar tak pernah terjadi atas kesalahan dalam bisnis yang berlangsung dinamis, dan gagasan risiko membawa perusahaan dalam skala keamanan super tinggi namun masih ada juga  manajemen risiko lebih  sering mengambil prioritas yang jauh lebih rendahdibanding yang lain.

Resiko didefiniskan sebagai frekuensi kemungkinan dan besarnya kerugian di masa depan. Manajemen risiko harus mengikuti proses terstruktur mengakui banyak aspek dari proses operasional TI, dengan pertimbangan khusus untuk keamanan dan sistem ketersediaan.

Dengan semakin canggih dan dinamisnya sebuah teknologi informasi membuat kita semakin dipusingkan dengan manajemen resiko untuk kelangsungan sebuah model bisnis, baik jangka  pendek maupun jangka panjang. hal lain adalah di perlukannya secara urgen bahwa setiap model bisnis wajib memikirkan resiko dan mengaturnya secara profesional sehingga tidak merugikan dan dirugikan.

Semakin banyaknya sebuah data perusahaan baik publik maupun private yang berhigh protection pun masih bisa disusupi oknum yang selalu mengambil celah untuk dimanfaatkan pihak tertentu. bahkan sehebat apapaun suatu sistem pastilah di dukung sebuah management resiko yang jauh jauh hari sudah di pikirkan ketika terjadi error.

Bahkan lab kapersky yang terkenal sangat sulit ditembus keamanannya pun masih bisa dibobol hacker kelas wahid yang mana mereka butuh semalam untuk membobolnya sedangkan pihak kaperski butuh berminggu mingu untuk membetulkan dan mengevaluasi sitem keamanan yang dimilikinya. Siap tidak siap negara kita akan mengalami sebuah resiko di dunia teknologi dan internet yang mana semakin mendesak di bentukanya badan Cyber Nasional yang berisikan  para ahli di bidang TI.

Bahkan menurut laporan kemanan di Amerika , dampak sebuah serangan yang melumpuhkan internet sebuah negara setara dengan kelumpuhan ketika bom atom  dijatuhkan di Hiroshima dengan skala kerusakan fisik lebih kecil namun dampak psikologis dan sosial lebih besar .
TI

Membangunsuatu manajenment resiko tidak bisa cuma satu atau dua kali jadi tetapi butuh trial dan error yang lama dan selalu diupdate agarbisa tahan serangan dan juga tahan malfungsi dari sistem itu sendiri. Sumber daya manusia kita wajib ditingkatkan untuk menuju masyarakat yang tangguh dalam penguasaan teknologi, apalagi dengan keinginan untuk memiliki pembangkit listrik tenaga Nuklir yang membutuhkan pengetahuan canggih agar tidak terjadi error dan malfungsi, dan itu butuh manjemen resiko yang bagus.

Tampaknya tantangan berat sudah menghadang didepan mata, tergantung bangsa ini mau berusaha menjadi pemenang atau justru menjadi bulan bulanan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab. Strategi manajemen tidak pernah ada yang sempurna tetapi paling tidak disesuaikan dengan kondisi lapangan dan juga kebutuhan.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com