Searching...

Mengantisipasi Laju Inflasi Bulan Ramadhan Dan Lebaran Dengan Belanja Sewajarnya

June 05, 2015
Sudah menjadi tradisi baik di kota maupun di desa setiap menjelang bulan suci Ramadhan dan Lebaran,anggaran belanja rumah tangga menjadi lebih besar, halini juga dipicu bukan semata semata ingin menyambut moment rutin setiap tahub bagi umat Muslim,tapi lebih pada perilaku yang sudah mengakar dimsayarkat. Dengan belanja sampai menimbun dalam setiap rumah tangga akan memicu laju inflasi di bulan Ramadhan dan juga lebaran.

Sebagi contoh adalah kebutuhan dasar keluarga termasuk bahan pangan yang melonjak setiap kali moment Ramadhan dan lebaran menjelang, hal ini dimanfaatkan beberapa pihak untuk mencari keuntungan sehingga mau tak mau konsumen juga merogoh kocek lebih dalam sehingga nilai ttukar uang Rupiah terhadap barang dan jasa menurun. hal ini juga tak lepas dengan banyaknya peredaran uang tunai dalam masyarakat. Khusunysa kota Kudus yang sudah menjadi kebiasaan THR dari para pekerja pabrik di kota kecil ini akan cair menjelang lebaran sehingga jumalh uang tunaai dalam masyarakat meningkat dan budaya konsumtif  menjadi hal biasa.

Diakui para pedagang di pasar Kliwon Kudus bahwa setiap kali THR buruh pabrik cair terjadi lonjakan penjulan barang baik itu berupa pakaian,pangan dan juga emas perhiasan, sedangkan di sisi lain moemnt ini secara tidak langsung menaikkan inflasi tahunan menjelang Ramadhan dan lebaran.

Faktor lain yang memicu inflasi yang secara kebetulan terjadi adalah fenomena el nino yang menyebabkan banyak sekali areal persawahan dan perkebunan gagal panen sehingga stok barang hasil pertanian dan perkebunan menjadi minim, ini perlu diwaspadai karena fenomena alam yang terjadi berbarengan dengan Bulan suci Ramadhan dan lebaran. Untuk itu masyarakat di himbau untuk tidak melakukan penimbunan bahan pokok dan lain lain seputar kebutuhan lain di kedua bulan tersebut agar tidak terjadi inflasi. namun tampaknya itu akan sulit karena asumsi mereka moment kemenangan ini wajib dirayakan dengan sedikit berlebih asal jangan sampai berakibat negataif. kita tunggu antispasi dari pemerintah dan pihak terkait termasuk saya sendiri.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com