Searching...

Dampak Negatif Gagal Bayar Utang Yunani Membuat Ekonomi RI Suram

June 18, 2015
Dunia investasi Indonesia semakin suram setelah Yunani gagal dalam memenuhi kewajibannya kepada badan keasungan dunia IMF. Hal ini akan sangat terasa kedunia investasi dalam negeri.

Sentimen ini akan terus mempengaruhi dunia investasi dimana mana khususnya dalam negeri.Selain duania investasi ternyata Rupiah juga mengalami penurunan dengan kegagalan wajib bayar negara diwilayah Eropa ini. yang mana ini adalah stagnan dalam kemajuan ekonomi global.

Saking besarnya dampak Yunani Effeck membuat negara emerging market juga terkana imbasnya, sementara hari ini awal puasa Rupiah berhasil naik tipis tetapi tidak bisa bertahan lama. Sedangkan pernyataan The Fed membuat harga emas antam turun.

Emas berada di bawah tekanan karena investor mengantisipasi pengumuman dari bank sentral AS setelah pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), di mana regulator akan memutuskan kapan untuk meningkatkan suku bunganya.

Kenaikan suku bunga menempatkan tekanan pada emas karena merupakan aset yang tidak mengenakan suku bunga.

Sedangkan permaslaahan dalam negeri yang memasuki awal Ramdhan membuat inflasi semakin melonjak, hal ini juga dipicu dengan masa panen di berbagai daerah yang sudah lewat. Banyaknya tekana kepada pelaku bisni dalam negeri juga masih dianggap menyumbang ekonomi RI yang suram bahkan bank dunia juga memangkas angka pertumbuhan ekonomi
Selain itu, Indonesia juga mengalami tekanan dari rendahnya harga minyak, gas batu bara, CPO, serta karet. Harga komoditas ini melambat karena turunnya permintaan, khususnya dari China.

Tampaknya perekonomian kita masih sangata rapu dengan banyaknya pelambatan ekonomi dalam negeri yang dipengaruhi faktor eksternal, padahal kemandirian ekonomi dalam negeri adalah pondasi bagi kesejahteraan rakyat Indonesia, perlu kebijakan baru terhadap ekonomi kedepan agar tidak berlarut larut.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com