Searching...

Cara Melindungi Blog Dari Spam Komentar

June 20, 2015
Memang tidak kalau berurusan dengan yang namanya Spam , mereka selalu ingin semua halaman web di internet dengan formulir online termasuk formulir komentar dan kontak. dibuthkan kerja manual dari kita untuk menghapus ini dan untungnya sekarang banyak sekali layanan baik berbayar maupun gratis yang bisa meringankan kerja kita dalam memberantas spam di blog yang kita miliki.

Baik blog WP maupun blogspot , spam akan mengancam setiap hari dan kita wajib waspada, salah satu anti spam yang cukup ampuh untuk menangkal dalam kolom komentar adalah;

* Anti Spam Question
Adalah cara paling sederhana karena setiap kali kita akan berkomentar di sebuah blog , maka akan muncul pertanyaan yang hanya bisa di jawab secara manual olehmanusia. Misalkan saja pertanyaan yang sederhana , Matahari  terbit dari mana? cukup mudah dijawab manusia tetapi akan sulit oleh Bots, kenapa ?  Bots, bagaimanapun, akan gagal untuk menjawab ini karena mereka tidak memiliki pengetahuan kognitif. Pertanyaannya harus tinggal di elemen label dan harus dikaitkan dengan jawaban masukan. Jawaban yang salah dapat menghentikan spam tanpa banyak scripting dan coding.

* Anti Spam Bawaan Blogspot

Meskipun sederhana tetapi ketika anda mencentang kolom kotak kecil di bagian " saya bukan robot" akan menampilkan gambar yang mana akan dibutuhkan 4 atau lebih jawaban benar agar bisa lolos masuk ke dalam kolom komentar, meskipun kadang dibenci oleh pengunjung.

Belajar dari banyak kesalahan di masa lalu , jika kita mempunyai blog terutama blogspot yang dicustom dengan domain sendiri yang mana blog tersebut ramai dikunjungi dan fokus pada iklan Adsense, hal paling bijaksana untuk melindungi blog anda adalah dengan meniadakan komom komentar. hal ini cukup ampuh dalam menangkal spam komentar yang biasanya ditujukan untuk berpromosi yang nautkan URL blog mereka yang tidak sesuai dengan blog kita.
spam blocker

Satu lagi cara meskipun tidak  menghilangkan semuanya tetapi kita bisa mengurangi adalah dengan menggunakan kolom komentar dari Disqus , karena kita bisa menghapu atau memblock spammertanpa harus masuk ke dalam akun blog kita.

Saya yakin setiap pemilik blog punya banyak trik agar spammer komentar bisa hilang dari blog yang dimilikinya, dan hal yang pasti kita tetap secara berkala ,mengamati dan mengawasi komentar yang masuk ke dalam blog kita, bagaiman dengan anda?
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com