Berlangganan

Wisata Religi, Ziarah Ke Makam Sunan Kudus

....

Berziarah ke Makam salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kudus bagi sebagian orang mungkin membutuhkan persiapan yang tidak sedikit karena jarak yang jauh , tetapi bagi Kang Jum bisa dilakukan setiap hari Kamis sore. Hal ini dikarenakan jarak yang tidak begitu jauh cuma 3 kilo meter .

Seperti diketahui di Kota Kudus sendiri ada 2 tokoh ulama besar yang termasuk Wali Songo yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria , tetapi kali ini saya mencoba untuk berziarah ke makam Sunan Kudus. Apalagi saat bulan bulan menjelang bulan puasa akan ramai di penuhi peziarah dari berbagai pelosok tanah Jawa bahkan sampai dari manca negara.

Pernah berprofesi sampingan sebagai tukang ojek yang magkal di terminal wisata Bakalan Krapyak untuk mengantarkan para peziarah ke Makam Sunan Kudus. Karena terminal ini menjadi pintu gerbang kedatangan semua rombongan dari seluruh Nusantara. Ada berbagai moda transportasi yang bisa di gunakan oleh mereka yang berziarah sekaligus berwisata religi antara lain Ojeg kendaran roda 2, Andong atau Dokar,Becak dan angkot. semua diatur sesuai dengan urutan dan dikendalikan sepenuhnya oleh dinas perhubungan Kota kudus. Tarifnya pun murah karena ditentukan oleh Dinas perhubungan  dan pihak terkait.

Masjid Menara Kudus
Masjid Menara Kudus menjadi ikon paling terkenal karena masjib yang dibangun sekitar abad ke 15 itu bergaya unik, terjadi pencampuran gaya bangunan Islami dan Hindu yang mana ini dilakukan oleh Sunan Kudus dalam mengambil hati para penduduk saat itu yang masih banyak memeluk agama Hindu. Ini juga sebagai bukti sebuah toleransi kepada umat beragama lain. selain itu di Kudus sangat jarang menyembelih hewan Kurban sapi karena dianggap menyinggung perasaan pemeluk agama Hindu yang mensucikan sapi.

Selain itu jika anda berjalan dari depan masjid Menara Kudus ke arah timur dan belok ke arah selatan sekitar 50 meter akan ditemukan juga bangunan Klenteng, ini bukti nyata kalau toleransi beragama sudah ada sejak jaman awal awal penyebaran Agama Islam. Mereka hidup berdampingan dan saling menghormati satu sama lain.

Areal Parkir Menara Kudus
 Berkunjung kesini (Kudus) akan sangat menarik jika pas menjelang bulan Ramadhan karena tradisi "Dandangan" membuat areal sekitar Masjid menjadi dipenuhi berbagai macam penjual mainan dan juga makanan sebagai persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Lorong Masjid
Jika anda seorang pemerhati bangunan kuno, perpaduan Hindu dan Islam menyatu pada pintu gapura  serta ikon Masjid Menara itu sendiri, terbuat dari batu bata merah dan konon kabarnya cuma dibuat dalam waktu semalam saja.

Jangan lupa untuk mampir di perempatan Sucen , darai masjid Menara Ke arah utara menyusuri jalan berpaping akan anda temui penjual jangun bakar dengan berbagai rasa tetapi ada  yang menjadi favourit saya sekeluarga yaitu rasa madu jahe yang manis dan segar, pas untuk menghilangkan masuk angin dalm perjalanan dan harga murah banget cuma Rp 1500 per biji.
Untuk lebih jelas silahkan datang langsung ke Kota Kudus, dan Insya Allah kalau waktu luang bisa saya antar......Di Tunggu.

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com