Searching...

Rupiah Stagnan Di Kisaran Rp 13.000 Per Dollar Amerika, Dampak Besarnya Utang Swasta?

May 17, 2015
Nilai tukar Rupiah sepekan tampaknya masih tak beranjak dari angka Rp 13.000 dan mungkin akan turun lagi dan menembus angka psikologis Rp 13500 meskipun belum terjadi. Sementara itu Kurs tengah Bank Indonesia berada di kisaran Rp13.090 per USD. Angka ini dibandingkan dengan periode sebelumnya di Rp13.188 per USD.

Banyak para analis memperkirakan jatuhnya rupiah dikarenakan besarnya utang swasta kepada pihak lain yang menggunakan mata uang Dollar Amerika.jika Rupiah terus menguat akan merugikan juga, namun bila terus menerus melemah itu juga pasti merugikan.

Pergerakan Rupiah yang labil membuat kondisi perekonomian juga tidak stabil dan juga banyak sekali dikeluhkan oleh para pengusaha yang akan banyak menemui kesulitan ketika menghitung perencanaan biaya produksi  dan tenaga kerja. Karena mata uang yang kita miliki termasuk paling rentan dengan penurunan nilai.


Salah satu resep yang dianggap mujarab untuk menanggulangi penurunan nilai mata uang kita adalah dengan mengubaah pola pikirkonsumstif terhadap barang impor dan juga kebutuhan dasar industri, justru kalau bisa sebaliknya sehingga kita berada pada posisi menguntungkan dalam fluktuasi nilai mata uang global, dengan cara memperkuat industri di dalam negeri yang memproduksi bahan baku dan membuat industri nilai tambah, akan membuat kekuatan ekonomi baru. Sehingga, Rupiah pun akan menjadi kuat, karena tidak tergantung pada impor.

Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com