Berlangganan

Laju Ekonomi RI Melemah, Rupiah Terpuruk

....

Ekonomi Indonesia melemah seiring dengan terpuruknya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang kuat seperti Dollar Amerika. Tampaknya ada banyak hal dan faktor yang membuat ekonomi negara ini melemah tidak sesuai dengan rencana semula. Dan kabar dari pasar keuangan sendiri mengatakan kalau Pergerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan akan berada pada kisaran Rp12.800 per USD dengan ressistance Rp13.000. Rupiah masih akan mengalami pelemahan berkelanjutan lantaran belum adanya sentimen baru.

Meskipun dinilai oleh banyak kalangan bahwa nilai tukar Rupiah akan menguat dengan seiring dengan rilis data ekonomi yang semakin baik di bulan ini dan juga ada kemungkinan kebijakan baru dari pemerintah yang pro ekonomi. Kelesuan ekonomi RI sudah bisa dirasakan pada awal awal bulan lalu sehingga pengusaha juga sudah banyak berancang ancang untuk mencoba menyikapi anjloknya nilai tukar rupiah.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sebelumnya mengumumkan penerimaan pajak dari wajib pajak (WP) turun menjadi Rp198 triliun dari sebelumnya Rp200 triliun. Hal ini menunjukkan  Wajib Pajak tidak mampu membayar pajak, artinya sektor industri ini melambat. Kuartal I pertumbuhan hanya 5 persen, padahal sebelumnya 5,2 persen. Itu alasan Rupiah masih melemah.

Sementara itu kabar cukup mengejutkan datang dari  Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih optimistis bahwa Bank Indonesia akan kembali menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate. Sebelumnya, BI memang sudah menurunkan BI Rate dari level 7,75 persen menjadi 7,5 persen.

Penurunan ini tidak terlepas dari data inflasi yang dicatatkan dua bulan terakhir ini. Tercatat, pada dua bulan awal di 2015 yakni di Januari dan Februari mengalami deflasi. Untuk Januari tercatat deflasi sebesar 0,24 persen dan Februari 0,36 persen.

Denagn kondisi seperti ini tampaknya target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan di koreksi lagi sehingga tidak menjadi beban bagi rakyat dan juga pemerintah.

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com