Searching...

Tradisi Perang Obor Oboran Desa TegalSambi

April 13, 2015

Mengenal sebuah tradisi di sebuah daerah memang sangat menarik ,apalagi jika semua itu bisa dikemas dengan balutan nuansa wisata yang bisa dijual kepada khalayak umum, baik untuk turis manca negara maupun lokal. Salah satu yang sering saya dengar adalah tradisi perang obor oboran Desa Tegal Sambi Kabupaten Jepara. Kalau diukur dari alun alun Kudus ke alun alun jepara kira kira berjarak 36 Km cukup dekat. kan?

Tradisi perang obor atau obor oboran merupakan salah satu tradisi yang dimiliki oleh Desan Tegal Sambi kabupaten Jepara yang diadakan setiap tahun sekali dan jatuh pada hari Senin Pahing Di Bulan Dzulhijjah. Obor sendiri terdiri atas 2 atau tiga pelepah kelapa yang sudah kering dan bagian dalamnya diisi dengan daun pisang kering agar bisa menyala. digunakan untuk saling menyerang sehingga terjadi benturan pada obor tersebut dan membuat percikan api, karena dilaksanakan pada malam hari maka percikan api tersebut terlihat meriah.
Obor oboran tegal sambi

Tradisi ini bermula dari sebuah cerita dimana Ki Gemblong yang dipercaya oleh Kyai Babadan untuk menggembala ternaknya . Tapi entah kenapa ketika tiba di sungai yang banyak ikan dan udangnya membuat ia lupa dengan binatang ternaknya sehingga binatang ternaknya sakit. Karena merasa tidak terima akhirnya kyai Babadan mencari Ki Gemblong dan langsung memukul dengan obor pelepah kelapa. Karena merasa terdesak akhirnya Ki Gemblong pun membela diri dengan obor serupa . terjadilah perang perang tanding yang membuat percikan percikan dari 2 buah obor tersebut yang ikut menyambar tumpukan jerami disekitar kandang, dan anehnya hewan ternak yang tadinya sakit menjadi sembuh.
Obor oboran

Nah sejak saat itu peristiwa ini di peringati masyarakat Desa Tegal Sambi sebagai upacara penolak balak dan mendatangkan kesehatan, bukan saja untuk hewan ternak tetapi juga masyarakatnya.
dan setiap tahun di peringati dan diikuti para pemuda yang bernyali sehingga menarik banyak pengunjung.
# Mohon untuk tidak meniru acara ini dirumah karena berpotensi membahayakan serta bisa menyebabkan kebakaran


Acara ini sudah menjadi agenda resmi pemerintah Kabupaten Jepara sebagai salah satu warisan budaya yang bisa mendatngkan devisa bagi penduduk sekitar dengan banyaknya orang yang datang melihat .
Share This:
Artikel Terkait

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com