Berlangganan

Sistem Trading Online Syariah, Apakah Halal Dan Menguntungkan?

....



Jika anda senang mengikuti perkembangan sebuah trading online di Indonesia saat ini pasti akan mengatakan tumbuh dengan pesat seiring dengan banyaknya warga negara yang melek internet. Dengan kemajuan teknologi terutama dunia internet membuat seorang investor bisa melakukan transaksi online dimanapun dan kapanpun juga. Dengan sitem transaksi ini jarak dan waktu bisa terpangkas dengan signifikan dan juga memudahkan dalam menggaet untung.

Awalnya perdagangan ini di peruntukkan bagi perdagangan saham konvensional tetapi dengan animo masyarakat yang sangat besar terhadap pasar modal dan internet membuat pihak terkait menyatukan kenajuan teknologi dengan sistem yang sama sama menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dan mulai tahun ini Bursa Efek Indonesia juga memfasilitasi perdagangan saham syariah secara online melalui Sistem Online Trading Syariah (SOTS). Sampai dengan semester I 2014, telah ada delapan perusahaan sekuritas anggota bursa yang memperoleh sertifikasi SOTS dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan dapat mengoperasikan sistem SOTS tersebut.

Sistem ini dharapkan membuat kekhawatiran investor terhadap transaksi yang dilakukannya sudah sesuai dengan syariat Islam ,karena kita ketahui bahwa meningkatnya kaum kaya di masyarakat Indonesai yang banyak diantaranya Muslim dan berpegang teguh terhadap syariat islam termasuk transaksi online di pasar saham. Secara otomatis sudah tersaring dalam sistem. Selain menyeleksi jenis sahamnya, dipastikan transaksi melalui SOTS tidak menggunakan fasilitas margin trading maupun short selling yang tidak sesuai dengan norma Islami.




Sistem margin trading juga tak berlaku di pasar modal syariah. Sebab, investor hanya boleh bertransaksi sebesar dana yang dimilikinya. Sementara lewat margin trading berarti investor bisa membeli saham melebihi dana yang ia miliki dengan cara meminjam dulu plus membayar bunganya kepada perusahaan sekuritas. Sebagai contoh, seorang investor ingin membeli saham senilai Rp 10 juta namun ia hanya memegang dana Rp 7 juta. Kekurangan dananya lantas ditalangi perusahaan sekuritas dengan beban bunga. Ketika harga saham naik, surat berharga tersebut dijual dengan perhitungan bahwa dari selisih harga beli dana harga jual, maka ia akan mendulang keuntungan, yang sebagian bisa untuk membayar modal berikut bunganya. Namun jika ternyata harga saham turun, berarti ia mengalami kerugian berlipat kali. Inilah yang dilarang dalam ekonomi syariah. Oleh karena itu, Anda bisa membuang jauh ketakutan bahwa surat berharga yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan untuk diperdagangkan di pasar modal syariah hanya sekadar menjual label syariah. Sebab setiap lembaga keuangan yang bermain di pasar modal syariah selalu dipantau oleh Dewan Pengawas Syariah.

Namun bagi mereka yang sudah masuk terlebih dahulu dalam sistem non syariah mungkin menganggap ini sebagai meminimlakan resiko baik keuntungan maupun resiko kerugian. Terlepas apa pilihan anda dalam bertaransaksi onlie di pasar saham , sistem trading online syariat bisa menjadi angin segar bagi perekonomian masarakat madani.

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com