Searching...

Kenapa Harus Takut Berinvestasi Di Pasar Modal?

April 21, 2015
Dalam benak masyarakat Indonesia ,berinvesatasi di pasar modal pastilah membutuhkan banyak sekali modal dan juga rentan dengan kerugian dan juga resiko hilang modal. Padahal setelah mengetahui seluk beluk pasar modal mungkin akan sedikit mengubah pandangan anda terhadap investasi ini. Kenyataan bahwa setiap investasi mengandung resiko memang benar meskipun ada juga investasi yang sangat minim resiko, sebut saja invesatsi tanah yang minim resiko dan juga tidak mengenal akumulasi penyusutan nilai per tahunnya bahkan sebaliknya.

Transaksi pasar modal yang meliputi obligasi dan saham juga mengandung resiko, tetapi resiko yang wajar dalam pasar. Artinya setiap saat anda berkesempatan untung dan juga rugi seperti dalam perdangan biasa. Resiko terburuk adalah ketika terjadi penyalahgunaan wewenang dari oknum yang mengelola dana pemodal. Investasi di pasar modal memiliki payung hukum Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 yang melindungi kepentingan pemodal.

Tak kenal maka tak sayang pepatah itu juga berarti di bisnis investasi pasar modal, sebelum terjun langsung ke pasar modal baiknya anda mengetahui seluk beluk dan juga struktur pasar modal Indonesia. dengan begitu pemodal bisa memahami, melaksanakan,sehingga hak dan kewajibannya terpenuhi secara maksimal untuk mendapatkan perlindungan hukum dan investasi dapat berjalan teratur ,wajar dan efisien.

Bursa Efek Indonesia satu satunya penyelenggara perdagangan efek di Indonesia yang berperan untuk memastikan agar perdagangan efek di pasar modal Indonesia yang teratur, wajar, dan efisien. Pemegang saham BEI adalah perusahaan efek yang telah memperoleh izin usaha sebagai perantara pedagang efek, disebut sebagai Anggota Bursa .

Sedangkan regulator pengawas kegiatan di pasar modal adalah OJK, Otoritas Jasa Keuangan berperan sebagai Pengawas Lembaga Jasa Keuangan di Indonesia yang sebelumnya dilakukan oleh beberapa lembaga yaitu pengawasan perbankan oleh Bank Indonesia sementara pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan lainnya oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). dengan payung hukum yang jelas yaitu UU No 21 tahun 2011 dan berlaku mulai tanggal 22 November 2011.

Dengan sedikit memahami payung hukum dan regulasi di pasar modal setidaknya perasaan takut berinvestasi di pasar modal sedikit berkurang, ada penjamin dari pemerintah yang sangat jelas ehingga pemodal merasa aman karena terlindungi. Nah apakah anda sudah menentukan bentuk investasi saat ini untuk masa depan anda?
Share This:
Artikel Terkait

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com