Searching...

Cara Mendapatkan Uang Tiap Bulan Dari Blog Melalui Google AdSense

April 24, 2015
Make money blogging atau mendapatkan uang dari blog dewasa ini semakin populer dikalangan masyarakat, khususnya bagi para pengguna internet. Volume penghasilan tiap blogger pastinya tidak sama antara satu sama lain. Jika Kang Jum menghasilkan 4 digit Dollar, mungkin Mbak Indri menghasilkan kurang atau lebih dari 4 digit. Banyak hal yang menjadi barometer penghasilan seorang blogger.

Monetisasi blog dapat dilakukan melalui berbagai cara, mulai menjual space iklan kepada advertiser, menjadi publisher iklan berbasis Pay Per Click (PPC), menjual produk berbasis digital, membuka jasa review produk, dll. Dari kesekian banyak bentuk monetisasi blog, salah satu diatarnya yang sangat familiar dikalangan blogger tidak lain adalah monetisasi blog dengan Google AdSense.

Google AdSense adalah sebuah jaringan periklanan online berbasis PPC yang dikelola Google. AdSense ditujukan untuk para pemilik konten (webmaster/blogger), sementara Adwords ditujukan untuk kalangan pengiklan. Mereka yang tergabung dalam jaringan Adwords dapat mengkampanyekan produk atau jasa mereka menggunakan penargetan iklan dalam bentuk kontekstual atau berbasis minat.

Batas minimum payout AdSense sesuai dengan syarat dan kebijakan pembayaran Google AdSense adalah sebesar $ 100. Income dibawah $ 100 tidak dapat dilakukan pembayaran oleh tim Google dan penghasilan Anda akan diakumulasikan dengan penghasilan pada bulan berikutnya hingga menyentuh batas minimum payout. Lalu bagaimana supaya Anda bisa payout tiap bulan dari AdSense? Berikut tips agar Anda bisa payout setiap bulan dari Google AdSense.

1.    Buatlah Blog Yang Terkonsep
Bagaimana membuat blog yang terkonsep itu? Pada dasarnya setiap blog berpotensi untuk menghasilkan uang sejauh blog tersebut tidak melakukan pelanggaran hak cipta, namun blog yang sejak awal pembuatannya sudah di set sedimikian baik ebih berkesampatan untuk menghasilkan uang dalam rentang waktu yang lebih cepat.

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, pikirkan apa yang akan Anda muat di blog. Hal ini mencakup tema, platform blog, jadwal penerbitan artikel, dll.

Pilihlah tema yang mampu membuat Anda produktif. Misalkan Anda memiliki hobi tentang desain grafis, maka bulatkah blog dengan bahasan seputar desain grafis.

Terdapat sekian banyak platform blog yang dapat Anda gunakan, gunakanlah platform blog yang membuka lebih banyak ruang bagi Anda untuk memonetisai blog tersebut. Anda dapat memilih WordPress.org dengan menyiapan sejumlah uang untuk biaya sewa hosting dan pembelian nama domain, atau Anda bisa memilih Blogger.com apabila ingin sepenuhnya gratis.

2.    Set up Blog Anda
Apapun tema yang Anda usung, pada akhirnya blog Anda akan mewarnai persaingan di SERPs dengan blog lain. Guna dapat bersaing dengan blog-blog lain, lakukan tahapan optimasi awal pada blog Anda, meliputi pemilihan template yang SEO friendly, membuat meta description yang mewakili isi blog Anda secara keseluruhan, mendaftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tools, membuat sitemap, dsb.

3.    Posting Artikel Berkualitas
Ada banyak tipe konten di internet, yaitu konten spam, konten kurang berkualitas,dan  konten berkualitas. Buatlah artikel untuk memberikan informasi yang berguna atau solusi kepada pembaca blog Anda dan tidak menulis untuk search engine.

Search engine seperti Google memahami betul mana konten yang tidak bermutu dan mana yang dianggap bermutu. Konten berkualitas dicirikan oleh sejumlah hal, beberapa diantaranya yakni tingka kepadatan kata pada artikel, popularitas, tindak lanjut terhadap artikel seperti sharing ke sosial media, dll.

Postinglah artikel berkualitas secara terjadwal untuk meningkatkan pengunjung blog secara natural dan mampu menjaga stabilitasnya.

4.    Target Trafik Blog
Ini merupakan fase untuk mengukur apakah blog Anda sudah layak untuk dimonetisasi atau masih membutuhkan waktu. Trafik adalah modal pokok dalam menghasilkan uang dari blog karena logisnya tidak akan ada aktivitas yang mampu menghasilkan profit tanpa adanya pengunjung. 

Berapa ribu pengunjung yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan $ 100/bulan dari AdSense? Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya merujuk pada sejumlah kondisi, namun saya akan mencoba menyederhanakannya.

-    Target pengunjung per hari 2000 orang dengan impresi iklan berjumlah 5000 impresi. Agar impresi iklan bisa ditingkatkan, maka usahakan untuk meningkatkan page view blog.
-    Pasang unit iklan pada posisi yang strategis; dibawah judul artikel, ditengah artikel, dan dibagian bawah artikel. Berdasarkan eksperimen saya, ketiganya merupakan posisi paling strategis yang berhasil mendongkrak CTR.
-    Berapa unit iklan yang harus dipasang? Jika Anda hanya menggunakan unit iklan, Anda dapat memasang unit iklan hingga 3 buah, dan apabila Anda menyertakan link unit, maka cukup memasang 2 buah unit iklan.
-    Pilihlah size iklan yang berkinerja optimal; 336x280, 300x250, 728x90. Size iklan memang tidak bisa memberikan jaminan penghasilan akan meningkat, dan dalam hal ini Anda bisa bereksperimen sendiri guna mendapat hasil maksimal.
-    Dengan asumsi trafik harian blog sebanyak 2000 orang dan menghasilkan 5000 impresi iklan dengan Cost Per Click (CPC) rata-rata 0.07 serta mendapat Click Through Rate (CTR) 1.10%, maka: 0.07x55=3.85x30=115.5.
Demikian, semoga bermanfaat. Sebagai catatan, mendapatkan penghasilan dari blog sangat realistis sepanjang Anda mau bekerja keras dan konsisten.
Sekilas tentang penulis: Din Tok, seorang full time blogger asal Lamongan yang sangat menyukai blogging dan sedang belajar Google AdSense dengan penghasilan bulanan tertinggi $ 1k
Untuk lebih dekat dengan penulis silahkan kunjungi salah satu webnya di Bloggerlamongan.com
Share This:
Artikel Terkait

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com