Searching...

Alternatif Penghasilan, Beternak Kambing/Domba

April 06, 2015
Mungkin ini sangat cocok bagi mereka yang bertempat tinggal di pedesaan atau daerah pinggiran, selain hawanya masih sejuk juga masih banyak lahan rumput untuk di jadikan pakan Kambing. Dalam setiap usaha tentu kita akan berharap pada maju dan berkembangnya sebuah usaha tersebut, maka jika kita memiliki sebuah usaha tertentu haruslah memiliki analisa hasil usaha tersebut untuk kelangsungan jenis usaha tersebut.

Beternak kambing biasanya dibagi 2 macam , kambing untuk diambil daging dan susunya atau kambing untuk aduan seperti  atau domba Garut yang terkenal itu.

Jika kita cuma memelihara domba atau kambing hanya sekedar untuk hobi saja , maka tidak usah memikirkan kandang yang besar dan tentu tidak terlalu memerlukan budget yang besar pula, sangat berbeda dengan peternakan domba yang berskala besar maka butuh manajemen yang bagus dan juga dikelola secara profesional.

Namun tidak ada salahnya jika kita sedikit mengenal sebelum mencoba beternak domba dan kambing

* Penyediaan kandang
Tempat teduh merupakan hal yang penting pada saat cuaca panas maka sediakan lah tempat ini untuk saat ternak anda diluar kandang. Dan apabila anda bisa memiliki ini dan bisa menernakkan ternak anda di luar kandang utama maka lakukanlah, karena dengan membiarkan ternak di luar kandang akan membuat anda melakukan efisiensi dan penghematan biaya  dalam menyediakan tempat tidur ternak dan biaya mengurus kotoran ternak.     Dengan menggunakan metode ini selain memberikan efisiensi metode kawanan ternak di luar kandang atau ranch juga memberikan image bahwa peternakan kita merupakan industry peternakan yang professional dan menguntungkan

* Lahan Rumput
Pakan tambahan yang biasa di gunakan Diantaranya seperti  batang jagung, lobak, apel, labu, selada, kubis, brokoli, seledri, dan roti bekas atau sisa, dan untuk mendapatkan beberapa hal ini sangat simple tinggal hubungi toko kelontong terdekat untuk beberapa item makanan dibuang. Kami telah menggunakan sisa bijian jagung bebas dari biji-bijian jagung kebun  tetangga. Dan juga produk sampingan dari pembuatan ethanol juga merupakan bahan pakan alternative yang baik untuk domba.
domba

* Air bersih
Cukup air bersih untuk sebuah peternakan baik berskala kecil maupun besar adalah wajib karena air sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air minum ternak sekaligus sebagai air untuk membersihkan kandang dan ternaknya .Selain itu dengan menggunakan air ini juga dapat memastikan memudahkan kita untuk memberikan mineral sesuai yang di butuhkan sehingga kita tidak akan mendapatkan ternak kita mengalami defisiensi mineral yang bila terjadi akan menyebabkan biaya yang sangat mahal untuk kita, dan ingat  Gunakan hanya mineral yang diformulasikan khusus untuk domba dimana biasanya mineral ini akan memiliki kandungan tembaga yang lebih rendah .

Selain banyak sekali hal hal lain yang bisa dilakukan sebelum mencoba beternak kambing dan domba, selain menyangkut kesehatan juga berhubungan dengan keuntungan dan modal.
Share This:
Artikel Terkait

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com