Searching...

Rupiah Pagi Ini Semakin Tenggelam di Rp.13.182,5

March 11, 2015
.....
Rupiah pagi ini semakin tenggelam di kisaran 13.182,5 dan masih dalam posisi tertekan. Faktor pertama adalah penguatan ekonomi Amerika Serikat yang mendorong otoritas moneter AS akan menaikkan suku bunga Fed Fund Rate (FFR). Rencana kenaikan suku bunga tersebut menyebabkan mata uang Paman Sam menguat terhadap seluruh mata uang dunia.

Ini memang sudah terjadi dalam beberapa minggu terakhir dan juga menguat terhadap seluruh mata uang Asia lainnya. Fenomena melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat beberapa waktu terakhir ini dinilai lebih disebabkan faktor permasalahan di luar negeri dibandingkan dengan pengaruh dari kondisi yang ada di dalam negeri.

Menurutnya, pelemahan rupiah harus dilihat dari tidak hanya terhadap dollar, namun juga mata uang lain. Selain itu, juga dilihat pencapaian inflasi, posisi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD), dan inflow.

Memang tren rupiah masih pelemahan tetapi Bank Indonesia tidak ingin rupiah terlalu melemah. Sebab, akan berdampak terhadap dunia usaha, dan imported inflation. Indonesia masih tetap butuh impor untuk barang-barang tertentu. Sehingga jika rupiah terlalu melemah, akan ada imported inflation sehingga harga barang yang diimpor menjadi lebih mahal.

Dari berbagai penururnan mata uang baik lokal maupun regional tetapi dampaknya masih belum signifikan , sangat berbeda sekali ketika terjadi krisis moneter tahun 2007 yang berdampak sosial luar biasa. Namun terbukti kita masih bisa bertahan . jadi jangan khawatir dengan penurunan mata uang rupiah terhadap dollar saat ini.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar