Searching...

Rupiah Kembali Bangkit Namun Masih Tertekan Terhadap Dollar

March 12, 2015
Jika anda amati selama sepekan ini rupiah sangat tertekan dengan dollar Amerika seperti mta uang global lainnya, meskipun ada isu kenaikan suku bunga namun tetap tak bisa membendung kenaikan dollar terhadap mata uang rupiah dan regional.Melansir Bloomberg Dollar Index, Kamis (12/3/2015), Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) menguat 9 poin ke Rp13.182 per USD dibandingkan penutupan sebelumnya di Rp13.192 per USD.

Rupiah selama perdagangan hari ini bergerak di kisaran Rp13.134-Rp13.221 per USD. Rupiah selama 52 mingguannya bergerak di kisaran Rp11.254-Rp13.245 per USD.

Sejumlah sentimen global masih terus menerus mempengaruhi nilai tukar rupiah. Keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk tetap mengalirkan pasokan dana likuiditas meski dengan batasan nominal akhirnya mendorong  yang ikut berdampak positif pada pergerakan rupiah di akhir pekan.

Dollar AS secara umum menunjukkan pergerakan naik terhadap Yen Jepang setelah dibuka pada 121.10 di awal perdagangan (00.00 GMT). Pada pair USDJPY mata uang tersebut telah menguat sekitar 27 pips atau sekitar 0.23 % dan pada saat berita ini diturunkan nilai bergulir terpantau berada pada 121.38.

Sentimen positif terhadap Dollar AS nampak menguat setelah Energy Information Administration melaporkan kepada publik bahwa terjadi penurunan pada angka cadangan minyak mentah komersil di AS, memberikan gambaran naiknya konsumsi minyak mentah untuk proses produksi.

Perkembangan tersebut ditunjukkan pada indikator fundamental Crude Oil Inventories yang menunjukkan angka 4.5M dari nilai pada periode sebelumnya yaitu 10.3M. Laporan yang menguntungkan tersebut menunjukkan kinerja yang sesuai dengan estimasi sejumlah ekonom, yang memperkirakan akan menunjukkan angka 4.5M. Mata uang Dollar AS terpantau bergerak menguat terhadap Yen merespon perkembangan tersebut.

Pergerakan mata uang kuat masih simpang siur sehingga masih sulit di prediksi kemana arah laju pertumbuhannya, disatu sisi stimulus dan bailout dari daratan eropa menggerogoti kekuatan Dollar Amerika dan satu sisi lain isu suku bunga yang segera diumumkan.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com