Searching...

Harga Minyak Naik Di Tengah Krisis Yaman

March 26, 2015
Tampaknya efek dari serangan Arab Saudi dan sekutunya terhadap pemberontak Houti di Yaman membuat harga minyak jenis Brent naik 4 % dan menyentuh level $60 per barrel. harga minyak Brent sempat menyentuh angka US$ 59,78/barel. Sementara harga minyak jenis Light Crude sempat menyentuh posisi tertinggi di US$ 52,48/barel dalam perdagangan hari ini.

Dampak dari serangan ini akan sangat dirasakan di seluruh dunia karena stabilitas keamanan terhadap pengiriman minyak ke seluruh dunia menjadi terganggau sehingga timbul kepanikan diantara pengekspor minyak maupun pengimpor yang memicu kenaikan harga minyak dunia. Seperti diketahui bahwa untuk mengirimkan minyak ke Eropa , Arab saudi mmbutuhkan garis pantai Yaman baru kemudian diteruskan ke terusan Suez. Dengan begitu Arab sangat berkepentingan dengan negara ini .

Apalagi ada kecurigaan kalau pemberontak Houti disokong Iran yang merupakan rival dalam memperebutkan pengaruhnya di wilayah teluk. Dan konflik ini diyakini akan berlangsung lama sehingga membahayakan suplai minyak ke Eropa .

Data US Energy Information Administration (EIA) menyebutkan pada 2013 terdapat 3,8 miliar barel minyak yang dikirim melalui Bab el-Mandeb yang merupakan selat kecil antara Yaman dengan Semenanjung Arab.

Imbasnya juga akan terasa kepada kita didalam negeri ,meskipun kita anggota OPEC tetapi kita sudah lama menjadi pengimpor minyak dari berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. dan yang sangat terasa adalah kenaikan harga BBM  serta ditambah lagi kenaikan Dollar terhadap mata uang kita.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com