Searching...

Geothermal Energy For The Better Future

March 20, 2015
Pernahkah anda berpikir bahwa hanya dengan satu sentuhan jari kita yang kecil ini bisa mengubah dunia, Dan bayangkan ketika semua jari serentak untuk menjentikkan di saat yang sama . Maka Asia tenggara termasuk negarakita menyalakan sebuah kekuatan besar yang membuat hidup terang dengan mengorbankan sebuah kekuatan listrik yang besar pula. namun yang kadang tidak pernah di eksposes dimanapun adalah seperlima penduduk Asia tenggara belum pernah mengenal listrik dan itu adalah fakta yang harus kita hadapi.

Tetapi itu akan segera lewat karena memang kebutuhan listrik yang semakin hari semakin bertambah Hal ini diperkirakan oleh Badan Energi Internasional (IEA), bahwa antara 2011 dan 2035, peningkatan permintaan akan 1.200 terawatt-jam.

 Jika Anda ingin tahu berapa banyak itu?  1 jam terawatt energi yang cukup untuk menyalakan sebuah kota 200.000 orang selama satu tahun penuh. Bagaimana Asia Tenggara akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan gaya hidup yang semakin urban?


Geothermal  Energy

Lihat beberapa cara yang di lakukan negara Asia tenggara dalam mensuplai kebutuhan listriknya , dari yang paling populer di semua negara Asia termasuk Indonesia.

 
PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS
Sebuah pembangkit listrik termal ini didukung oleh uap yang berasal dari pemanas air. Uap melewati turbin yang mendorong sebuah generator listrik. Setelah melewati turbin, uap mengembun dalam kondensor sebelum didaur ulang  memanas. Pembangkit listrik termal dibedakan oleh bahan bakar fosil  juga dikenal sebagai hidrokarbon, yang digunakan untuk memanaskan air.


 Mengingat bahwa Asia Tenggara adalah rumah bagi hidrokarbon raksasa , Indonesia dan Malaysia, pembangkit listrik panas didorong oleh batubara dan gas alam mendominasi lanskap energi. Tetapi sekarang kesadaran sudah mulai ada dalam masyarakat kita yang sedikit kritis terhadap lingkungan hidup. Masa depan tidak akan terwujud bagi anak cucu kita tanpa kita pikirkan mulai sekarang.


GEOTHERMAL ENERGY
Geothermal Energy bekerja dengan menekan uap dan air panas dari inti bumi untuk menghasilkan listrik di pembangkit listrik. Ada 3 jenis pembangkit listrik panas bumi:

    Dry Steam Plants
,  pipa uap dari reservoir panas bumi menjadi generator. Uap memutar turbin yang pada gilirannya menghasilkan listrik.


     Flash Steam Plants
membawa air panas (antara 148-371 derajat) melalui sumur, mengubahnya menjadi uap. Uap memutar turbin yang menghasilkan listrik. Ketika uap mendingin, ia mengembun kembali ke air dan dikembalikan ke tanah.


   Binary Cycle Plants
melewati air panas bumi panas melalui penukar panas dimana panas digunakan untuk memanaskan cairan yang mendidih pada temperatur yang lebih rendah dari air. Ketika cairan yang berubah menjadi uap, uap yang digunakan untuk memutar turbin pembangkit daya.


Lebih efisien dan juga lebih ramah lingkungan yang mana negara kita mempunyai sumber panas bumi yang melimpah. Dan saya yakin masa depan dari sektor energi listrik akan mulai cerah denganteknologi ini.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com