Searching...

Template Responsive Menurunkan CPC Adsense Via Mobile Trafik

February 20, 2015
Anda mungkin sudah mendapatkan anjuran dari Google tentang setingan blog yang mobile freindly sehingga bisa menaikkan penghasilan, walaupun tidak semua tips dari empunya Adsense bisa bekerja maksimal terhadap blog kita. Sebagai contoh sebuah blog yang lebih banyak mendapatkan trafik organik dari non seluler akan mendapati penghasilan blognya  turun drastis sehingga menganggap ada yang salah dengan anjuran dari Google.

Sebelum masuk lebih jauh pembahasan tentang menurunnya CPC Adsense Via Mobile trafik kita wajib tahu apa dan bagaimana pengunjung datang ke blog kita, apakah dari mesin pencari yang sekarang dibagi 2 macam yaitu;
* Mesin pencari versi Mobile
* Mesin pencari versi Desktop

Jangan pernah meremehkan tipe pengunjung organik (pengunjung dari mesin pencari) yang menyambangi blog kita, bisa jadi anjuran dari Google terbalik dengan kenyataan di lapangan. Ingat yang tahu seluk beluk blog dan pengunjung masing masing blog adalah kita sendiri.

Sampai sekarang saya masih ada beberapa blog yang tetap menggunakan template non responsive sehingga tidak mobile friendly,alasannya cukup sederhana yaitu mempertahankan penghasilan Adsense via desktop yang jumlah kliknya tidak seberapa tetapi nilainya jauh dari penghasilan versi mobile.

Blog apa saja yang tidak perlu menggunakan template responsive?

Ada beberapa tipe dan jenis blog yang mungkin tidak begitu bagus untuk memakai template responsive, salah satunya adalah blog wallpaper dan juga fotografi, karena dengan memakai template responsive dianggap mengurangi keindahan dari gambar atau foto di blog tersebut.

Selanjutnya adalah blog lokal dengan pembahasan topik tetapi jarang advertisernya, ini menjadi masalah ketika kita membahas masalah yang unik , saking uniknya justru gak ada pengiklan di bidang tersebut. Dan ini akan membuat iklan yang muncul acak / random dengan nilai bid rendah sekitar 0,03 dollar.

Berdasarkan eksperimen yang saya lakukan sejak awal tahun 2015 ada beberapa fakta sebagai berikut, tetapi saya tidak menyarankan anda untuk mengikuti tips ini. jadi pahami dulu seluk beluk blog anda sebelum bereksperimen.

* Dengan template Non responsive saya membidik pengunjung organik dari mesin pencari yang membuka browsernya lewat deskstop, dengan mengesampingkan trafik seluler jumlah klik iklan di blog menjadi turun tetapi nilai CPC nya meningkat tajam. Dari yang biasanya 0,03 dollar sekarang menjadi 0,10 sampai 0,60 dollar .
Jika dengan trafik harian 10K dan jumlah klik iklan sebanyak 20 sampai 30 klik saja maka bisa dihitung jumlah penghasilan iklan kita sehari adalah 20x0,60 sekitar 12 dollar per hari.

* Dengan melihat statistik blog dan melihat asal trafik melalui apa pengunjung membuka browser kita, bisa diambil langkah apakah akan menggunakan template responsive atau tidak. Untuk lebih mudah melihat asal trafik kita bisa memasang Extremetracking.com di widget kita.

* Jika blog kita trafiknya didominasi seluler maka sudah tentu wajib memasang template responsive dengan resiko mendapatkan jumlah klik banyak tetapi nilai CPC nya cuma 0,03 saampai 0,07 dollar . Dan jika trafik harian anda 10K maka jumlah maksimal klik iklan biasanya 60 sampai 70 kali . Tinggal kalikan 0,07. sekitar 4 sampai 5 dollar per hari . Lumayan kan?

Lalu apa sebenarnya makssud dari anjuran Google untuk membuat blog anda mobile friendly?
Ini sangat berkaitan dengan bisnis dan juga jumlah kue iklan yang sangat besar, target tahun 2015 85 persen pengnjung internet berasal dari perangkat mobile sehingga sebagai perantara antara pengiklan dan penerbit iklan, Google ingin kita emmbantunya untuk memenangkan persaingan dengan jaringan periklanan lainnya. Anggap saja iklan di sosial media lebih murah dibanding iklan di Adwords. Sebagai imbasnya mungkin saja Google menurunkan bid iklan seluler untuk mencapai target ini. Sudah paham?
Jika belum silahkan berkomentar.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com