Searching...

Muslim Heritage, Naskah Islam Kuno di Kandilli Observatory

February 22, 2015
Sedikit memanjakan memori ke masa lalu dimana Islam menunjukkan keberhasilannya dibidang ilmu pengetahuan sehingga menempatkkan cendikiawan mereka pada level tertinggi. Bahkan sebagai kecintaan saya terhadap dunia sejarah khususnya sejarah Islam di masa lampau.


Ini adalah review buku yang membawa cahaya koleksi sekitar 1300 naskah ilmiah Islam tentang astronomi dan berbagai topik ilmiah dalam tiga bahasa (Turki, Arab dan Persia). Naskah-naskah ini diadakan di Perpustakaan Kandilli Observatory dan Gempa Research Institute di Universitas Bogazici di Istanbul.
 Naskah Islam Kuno di Kandilli Observatory

Naskah Kandilli Observatory. Kandilli Rasathanesi el yazmalari 1: Turkce yazmalar. Manajer Proyek Gunay Kut; disiapkan oleh Hatice Aynur, Cumhure ucer, Fatma Buyukkarci Yilmaz. Istanbul: Universitas Bogazici Publikasi, Edisi Pertama, 2007. 579 halaman, 22 x 24 cm. ISBN 9756193646.

 Ini adalah review pemberitahuan buku Membawa koleksi yang mengandung 1.340 naskah ilmiah Islam dalam tiga bahasa (Turki, Arab dan Persia) yang diadakan di Perpustakaan Kandilli Observatory dan Gempa Research Institute di Universitas Bogazici di Istanbul. Katalog ini diterbitkan bekerjasama dengan UNESCO, yang memberikan kontribusi menutupi persiapan dan publikasi katalog naskah ini, pemeliharaan katalog dalam bentuk yang bisa dibaca komputer dan produksi CD-ROM yang terdiri dari katalog dan sampel halaman dari banyak naskah.
 Naskah Islam Kuno di Kandilli Observatory


 Katalog naskahKatalog berisi kumpulan naskah yang sangat berharga yang sebagian besar terkonsentrasi pada astronomi dan astrologi . Ini juga termasuk karya ilmiah lain dari periode antara abad ke-11 dan ke-20 yang berkaitan dengan matematika, geografi dan topik ilmiah lainnya. Penciptaan koleksi khusus ini asli dan unik dilakukan sejak lama oleh Mehmed Fatin Gokmen, pendiri dan manajer pertama Kandilli Observatory. Koleksi ini juga terdaftar di Memory Program Dunia, yang diprakarsai oleh UNESCO dengan tujuan untuk membangun dasar dokumenter di seluruh dunia untuk warisan intelektual dunia.

 Katalog yang diterbitkan tahun ini menyebutkan total 1.340 manuskrip (845 di Turki, 395 dalam bahasa Arab, 100 di Persia). Klasifikasi naskah tersebut sesuai dengan subjek menghasilkan distribusi berikut: 887 dalam astronomi, 277 di astrologi, 81 dalam matematika, 18 dalam geografi, dan 75 dalam berbagai mata pelajaran lainnya.
 Naskah Islam Kuno di Kandilli Observatory

  
 Naskah, yang ditulis oleh para ilmuwan terkemuka dari periode masing-masing, memberikan informasi tentang berbagai topik termasuk  Astronomi, Aritmatika, Hewan, Garis lintang dan Bujur bersama dengan kalender. Beberapa manuskrip membawa meterai periode Sultan. Katalog memberikan informasi yang sangat rinci tentang naskah, seperti judul, penulis, data menyalin, tanggal tertulis, selain incipit biasa dan excipits (yang terakhir dan paragraf pertama dari naskah individual). Pada awalnya, panduan lengkap menunjukkan kepada pembaca bagaimana ia harus melanjutkan dalam penggunaan katalog.

Sayangya minat untuk membaca dan meneneliti naskah kuno tersebut hanya sebatas pada kaum intelktual dari universitas dan sangat jarang berasal dari kalangan non akademik,kalaupun ada biasanya dari instansi pemerintah yang kadang tidak pernah mempublikasikan hasil risetmnya sehingga masayarakat awam menjadi buta dengan harta kekayaan berupa warisan dunia yang sangat berharga ini. source muslimheritage.com
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com