Searching...

Memilih Investasi Emas Yang Aman Di Masa Depan

February 14, 2015
Pada dasarnya investasi ditujukan untuk masa depan dan memperoleh selisih harga yang menguntungkan. Dan emas adalah logam mulia yang bisa dijadikan investasi karena harganya yang fluktuatif dan juga bisa diterima dimanapaun anda berada. Metode investasi paling umum di indonesia adalah dengan membeli emas ketika harga turun dan rendah  kemudian menjual lagi disaat harga naik. Sederhana tapi menguntungkan.

Investasi logam mulia memang menjadi idola karena karakteristik emas yang kebal terhadap inflasi dan juga ditambah likuiditas emas sehingga mudah dijual kapanpun.
Jadi Pilih Emas Perhiasaan atau Batangan?

Saya tidak menyarankan melakukan investasi emas berupa perhiasan karena memiliki beberapa kelemahan. Walaupun bisa dijual kembali, namun nilai jualnya jauh dari harga pembelian. Hal ini karena dipengaruhi oleh:

*  Trend Fashion, penjualan tergantung pada trend perhiasaan yang lagi booming. Jika lagi ngetren tentu harga jualnya tinggi, namun jika sebaliknya maka harganya jauh menurun.
*   Adanya ongkos dalam pembuatan emas perhiasaan sehingga membuat harga perhiasaan menjadi mahal,
*   Emas perhiasan bersifat subjektif, apabila model tidak up to date maka harga jualnya juga jauh menurun.

Jadi untuk keperluan investasi, emas batangan adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Di Indonesia sendiri, jenis emas batangan dikeluarkan oleh Antam beserta sertifikatnya. Anda tidak harus mendapatkan emas batangan di kantor Antam, Anda bisa mendapatkannya di toko-toko emas terpercaya di kota Anda. Ada berbagai macam jenis ukuran emas batangan, mulai dari 5gr, 10gr, 25gr, 50gr hingga 100gr. Jadi Anda bisa menyesuaikan budjet sesuai kemampuan yang dimiliki.

Namun ada beberapa orang yang merasa aman berinvestasi emas di pegadaian, Mengapa demikian? karena emas batangan di pegadaian terjamin keasliannya, bukankah pegadaian itu BUMN yang bonafite? Jadi tidak perlu ragu untuk berinvestasi emas batangan di pegadaian. Selain itu untuk berinvestasi emas batangan di pegadaian juga mudah, dapat secara langsung datangi kantor pegadaian di daerah anda atau bisa juga investasi secara online.

Beberapa  Investasi dalam bentuk emas batangan adalah;

* Emas batangan (bar)
Jenis investasi emas dalam bentuk batangan memberikan tingkat keuntungan dan dan rasa aman yang lebih tinggi. Investasi dan membeli emas batangan (bar) lebih terjamin karena akan diberikan sertifikat keaslian yang didalamnya memberikan informasi mengenai nomor id, berat, ukuran dan tingkat kadar emasnya. Logam mulia yang umumnya diterima (jual-beli) pasar Indonesia adalah logam mulia dari PT. Aneka Tambang,Tbk. dengan berat logam mulia adalah 1, 2, 2.5, 3, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 1000 gram dan kadar emas 999.9%. Sekarang banyak investor yang berinvestasi dalam emas batangan dengan cara berkebun emas untuk memperbesar keuntungan.

* Koin emas (coin)
Penerbitan koin emas akan mempermudah perencanaan jangka panjang keluarga yang ingin mencapai harapan seperti Naik Haji. Investasi koin emas juga dapat dihubungkan dengan koleksi barang-barang antik. Harga koin emas antic yang ditawarkan akan jauh lebih tinggi dibandingkan harga koin emas biasanya yang hanya dinilai berdasarkan tingkat kemurnian atau kadar karatnya. Bagi Anda yang memiliki uang berlebih dan mengenal seluk beluk barang antik, investasi emas jenis ini dapat menjadi alternatif pilihan menarik untuk jangka panjang.

Selain itu emas juga kadang di simpan dan dikoleksi dalam bentuk perhiasan walaupun rentan penurunan nilainya yang dikarenakan berbagai faktor. namun secara umum emas menjadi investasi paling menjanjikan baik jangka panjang maupun pendek dengan nilai resiko minimal.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com