Searching...

Lost City of Atlantis, It Turns Out That In Indonesia?

February 23, 2015
Kota Atlantis masih menjadi perdebatan paling hangat sepanjang sejarah umat manusia baik dikalangan praktisi sejarah,arkeolog dan dunia science itu sendiri. Karena mengingat kemajuan yang terlampau tinggi untuk sebuah kota yang terlahir sebelum kita mengenal sebuah tulisan sekalipun. Mitos tentang Peradaban Atlantis pertama kali dicetuskan oleh seorang filsafat Yunani kuno bernama Plato (427 – 347 SM) dalam buku Critias dan Timaeus. Dalam buku Timaeus Plato menceritakan bahwa dihadapan selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yang sangat besar, dari sana kalian dapat pergi ke pulau lainnya, di depan pulau-pulau itu adalah seluruhnya daratan yang dikelilingi laut samudera, itu adalah kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru akan melancarkan perang besar dengan Athena, namun di luar dugaan Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam, tenggelam sama sekali di dasar laut, negara besar yang melampaui peradaban tinggi, lenyap dalam semalam.
Lost City of Atlantis

Untuk sebagian besar dari dua ribu tahun yang lalu, tidak ada yang berpikir banyak tentang Atlantis; itu hanya apa yang tampak: tempat fiksi yang disebutkan dalam dongeng oleh filsuf Yunani kuno. Gagasan bahwa Atlantis adalah lokasi bersejarah yang hilang sebenarnya adalah ide yang sangat baru-baru ini, pertama kali diusulkan oleh seorang penulis bernama Ignatius Donnelly pada 1881. Dia percaya bahwa sebagian besar prestasi penting dari dunia kuno - seperti metalurgi, pertanian, agama dan bahasa - pasti berasal dari Atlantis. Pada intinya, ia berpendapat bahwa budaya kuno tidak cukup canggih untuk mengembangkan hal-hal ini pada mereka sendiri, sehingga mereka harus menyebar dari beberapa peradaban maju yang tidak diketahui.

Bahak pembahasan tentang kota Atalntis akan menjadikan sebuah buku menjadi best seller sepanajng waktu meskipun kadang sang penulis tidak tahu fakta dan hanya menulis imajinasinya dalam konteks cerita masa lalu.

Lost City of Atlantis Apparently in Indonesia?
Tahun 1985, dua kelasi Norwegia menemukan sebuah kota kuno di bawah areal laut “segitiga maut”. Pada foto yang dibuat oleh mereka berdua, ada dataran, jalan besar vertikal dan horizontal serta lorong, rumah beratap kubah, gelanggang aduan (binatang), kuil, bantaran sungai dll. Mereka berdua mengatakan mutlak percaya terhadap apa yang mereka temukan itu adalah Benua Atlantis seperti yang dilukiskan oleh Plato. Benarkah itu?

Yang lebih menghebohkan lagi adalah penelitian yang dilakukan oleh Aryso Santos, seorang ilmuwan asal Brazil. Santos menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang ini disebut Indonesia. Dalam penelitiannya selama 30 tahun yang ditulis dalam sebuah buku “Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato’s Lost Civilization” dia menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia. Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.

Santos menetapkan bahwa pada masa lalu Atlantis itu merupakan benua yang membentang dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya. Di wilayah itu terdapat puluhan gunung berapi yang aktif dan dikelilingi oleh samudera yang menyatu bernama Orientale, terdiri dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. 


Namun dengan kecanggihan teknologi jaman sekarang pun misteri Kota Atlantis masih saja belum terkuak,pakah itu hanyalah sebuah epic karya seorang filsuf Yunanai Kuno saja atau memang benar benar pernah ada kota Atlantis yang super megah dan canggih melampaui modernitas jaman kita sekarang. Mungkin masih butuh waktu yang sangat panjang untuk mengurai benang sejarah yang semakin lama semakin pudar dan tipis. Wallahua'lam  . gambar dari pinterst dan berbagai sumber .baca juga 
Bangsa Sumeria, Legenda Bangsa Langit
 

Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com