Searching...

Lost Buddha In Bamiyan, Antara Religi Dan Budaya

February 22, 2015
Terletak di Afganistan yang notebene negara dengan penduduk kebanyakn Muslim,tetapi jangan salah. Di Bamiyan pernah ajaran Buddha tumbuh pesat dan menyisakan banyak kebudayaan dan barang yang sekarang dianggap sebagai Buddha yang hilang. Disini ada banyak sisa peninggalan para biksu Buddha untuk dinikmati pelancong dengan mengesampingkan situasi keamanan yang terjadi di negara Afganistan.

Berdiri megah sejak 1500 tahun yang lalu dan tersembunyi dalam lembah Bamiyan terdapat patung setinggi 50 meter hasil karya luar biasa dari tangan para Biksu Buddha. Menempel di dinding tebing dan berdiri kokoh sampai pada bulan Maret 2001 sampai pemuka agama Islam Afganistan merusak dan menghancurkan dengan dinamit dan tembakan thank. Sejak saat itu dunia kehilangan salah satu hasil karya terbesarnya di masa lalu. Buddha Bamiyan.
Buddha Bamiyan


Bahkan tindakan pengrusakan ini mendapatkan kecaman keras dari negara mayoritas Buddha dan juga OKI (Oragnisasi Konfrensi Islam) yang menkedepankan toleransi umat beragama. Monumen ini sebenarnya terdiri dari 2 buah patung buddha yang diukir disebuah jurang di lembah Bamiyan Afganistan selatan atau sekitar 230 km dari Kabul. Perpaduan antara seni Yunani dan Buddha yang diukir sekitar abad ke 5 atau 6 Masehi. Dan diyakini lembah ini termasuk jalur sutra yang menghubungkan dunia perdagangan antara timur dan barat.

Seperti halnya karya budaya masa lampau jika dirawat akan senantiasa mendatangkan ketertarikan orang dari seluruh dunia, Pariwisata tidak mengenal satu sisi keyakinan dan Agama tetapi lebih pada hasil karya dan keindahannya yang di hasilkan di masa lampau.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com