Searching...

Keindahan Petra, Kota Masa Lampau Di Jordania

February 22, 2015
Pernah mendengar Kota Petra, kota yang pernah terlihat dalam adegan Film Tranformers yang begitu indah dan sangat memukau . Sempat hilang ditelan jaman dan juga menghilang dari sentuhan manusia jaman sekarang. telah menyedot perhatian dunia. Masih ada misteri yang belum terungkap dari kota yang hilang bersamaan dengan berakhirnya Perang Salib pada abad ke-12 Masehi ini.

Petra yang dalam bahasa Yunani berarti batu dan dalam bahasa Arab disebut al-Bitra. didirikan enam tahun Sebelum Masehi oleh Raja Aretas IV. Kota unik yang didirikan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter ini, merupakan Ibu Kota Kerajaan Nabatean. Kota yang aman dari bencana alam seperti badai pasir ini, sekaligus menjadi pusat perdagangan yang sangat ramai karena terletak di jalur distribusi barang antara Eropa dan Timur Tengah.
Keindahan Petra, Kota Masa Lampau Di Jordania
                                                             foto: Pinterest

Kota Pertra mempunyai sistem pengairan yang luar biasa rumit. Saat itu, Suku Nabatean yang menempati kota ini, sudah mempunyai peradaban teknologi hidrolik untuk mengangkat air. Untuk memenuhi kebutuhan air penduduknya, di kota itu terdapat terowongan dan bilik air untuk menyalurkan air bersih ke kota. Selain itu, Suku Nabatean sangat mahir dalam membuat tangki air bawah tanah untuk mengumpulkan air bersih, yang bisa digunakan saat mereka bepergian jauh. Sehingga, di mana pun mereka berada, mereka bisa membuat galian untuk saluran air guna memenuhi kebutuhan mereka akan air bersih.

Di akhir abad ke-4 Sebelum Masehi, berkembangnya dunia perdagangan membuat suku Nabatean turut berkecimpung dalam perdagangan dunia. Rute perdagangan dunia mulai tumbuh subur di bagian selatan Yordania dan selatan Laut Mati. Mereka lalu memanfaatkan posisi tempat tinggal mereka yang strategis itu sebagai salah satu rute perdagangan dunia.
Keindahan Petra, Kota Masa Lampau Di Jordania


 Petra merupakan sebuah kota bersejarah dan juga tapak arkaeologi yang terletak di Ma'an, kawasan pemerintahan Jordan. Jaraknya dari bandar Amman adalah sekitar 4 jam perjalanan dengan menaiki kenderaan darat.

Petra dipercayai dibina sebagai ibukota kerajaan Nabatene hasil seni pemotongan batu pada kurun ke-6. Nama Petra, atau Al-Batra di dalam bahasa Arab, diambil daripada perkataan Yunani yang bermaksud batu. Nabatene merupakan sebuah kerajaan purba di Jorban di mana kebanyakan penduduknya adalah pedagang dan dinaungi oleh kerajaan Rom.

Petra telah dipilih sebagai Tujuh Keajaiban Baru Dunia pada tahun 2007 dan Tapak Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1985. Petra juga dipilih oleh British Broadcasting Corporation (BBC) sebagai satu daripada "40 tempat yang anda mesti lihat sebelum mati".
Keindahan Petra, Kota Masa Lampau Di Jordania


Kota Petra dikelilingi gunung-ganang yang sangat indah. Gunung tertinggi di kawasan kota Petra adalah Gunung Harun (Jabal Harun) atau dikenali juga sebagai Gunung Hor. Gunung ini mencecah ketinggian sekitar 1.4 kilometer di atas permukaan laut.

 Masyarakat Arab juga meyakini bahawa Petra merupakan tempat Nabi Musa AS memukul batu dengan tongkatnya sehingga terpancur air keluar daripada batu tersebut. Aliran air tersebut sedikit demi sedikit telah menghasilkan sebuah lembah yang diberi nama Wadi Musa.

Pada abad ke-14 Masihi, sebuah masjid dibangunkan di tempat itu dengan kubah berwarna putih yang boleh dilihat daripada serata kawasan Petra. Dikisahkan, Nabi Harun tiba di wilayah itu ketika mendampingi Nabi Musa yang membawa umatnya keluar dari Mesir setelah dikejar oleh Raja Firaun yang zalim.

Sejarah bisa mengungkaapakn siapa dan bagaimana sebuah masyarakt berkebudayaan tinggi menghasilkan sebuah karya seni yang sangat berhubungan dengan agama keyakinan dan juga kebudayaan yang diikuti dengan tata kehidupan masyarakat di masa lampau. Tinggal kita merawat dan memanfaatkan seni budaya itu yang telah diwariskan oleh para pendahulu. Baca juga tentang
Lost Buddha In Bamiyan ,antara religi dan budaya
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com