Searching...

Menanti Hibah Dari BLK

December 15, 2014
                           Sudah bukan rahasia lagi salah satu daya tarik dari sebuah pelatihan gratis di Balai Latihan Kerja dimanapun adalah hibah, bahkan saking banyaknya peminat program ini sampai samapi pihak yang terkait kewalahan menerima angkatan baru. Dan seperti yang telah saya posting di blog ini, ada banyak sekali peserta program ini dari seluruh wilayah di Kabupaten Kudus. Tujuannya menurut Kang Jum adalah untuk memberi bekal kewirausahaan serta ketrampilan bagi mereka yang mau mengikutinya. Yang pada awalnya lebih dikhususnkan bagi mereka yang mengalami PHK dari pabrik rokok yang banyak berdiri di Kota Kudus.

Salah satu Jurusan yang ada di BLK Kudus adalah Jurusan Web dan Internet, yang dalam pelatihannya sesuai yang pernah saya ikuti adalah pengenalan koding dalam membangun web dan juga membuat Blog berbasis Joomla. terus terang saja untuk blog berbasis Joomla sedikit rumit untuk ukuran buruh bangunan seperti saya. Selain itu juga diajarkan cara membuat jaraingan LAN ( Local Area Network) kalau tidak salah . Memang jurusan ini katanya sedikit peminatnya sehingga butuh waktu cukup lama untuk mengumpulkan mereka yang mau gabung di kelas ini. Dan ini terbukti ketika pertama kali daftar, Kang Jum bersama saudara sudah mendaftar sejak akhir tahun 2013 dan baru terealisasi sekitar bulan Juni 2014. Lama banget!!!!.
alumni BLK


Dan masalah hibah mungkin yang ,menjadi daya tarik semua orang ketika mengikuti pelatihan web dan internet di BLK, karena dalam proposalnya tertulis netbook beserta modemnya. Entah bisa terealisasikan atau tidak tetapi berdasarkan informasi yang beredar dikalangan alumni BLK sendiri, akan sangat sulit karena permasalahan dana yang di hibahkan tidak mencukupi. Itu informasi yang Kang Jum dapat dari sumber dalam BLK sendiri.

Sebenarnya motivasi mengikuti pelatihan ini bukan hibah  sebagai tujuan utamanya karena fasilitas bukan hal utama ketika anda mencoba membangun sebuah bisnis berbasis internet , hal yang paling berperan penting dalam bisnis ini adalah kecintaan pada dunia bisnis internet yang menurut sebagain orang mempunyai tantangan besar. nah tantangan ini yang memikat orang seperti saya untuk menaklukkan. Ingat dunia maya lebih keras persaingannya dibanding dengan dunia nyata. Kita sering berurusan dengan orang dengan berbagai kepentingan tanpa tahu dan mengenal secara langsung, sehingga dikhawatirkan terjadi kejahatan dalam dunia maya seperti yang terjadi baru baru ini dengan jebolnya Sony Picture oleh hacker.

alumni BLK

Jadi apa modal utama untuk bisa berhasil membangun atau paling tidak mencoba peruntungan di dunia maya? bagi sebagain orang modal utamanya mungkin dana segar , ,fasilitas dan ketrampilan yang mumpuni. tapi itu akan sangat sia sia jika kita tidak mempunyai passion di dunia yang akan kita geluti. Hobi internet menjadi modal utama saya ketika mencoba mengenal dan mencari sedikit penghasilan di dunia periklanan Google. belajar dari nol besar tanpa didampingi tutor bukan hambatan, bahkan tanpa mempunyai laptop sekalipun itu bukan hambatan sama sekali. Semakin sulit akses menuju sebuah kesuksesan maka semakin menantang untuk ditaklukkan.

Kembali ke masalah hibah dari BLK yang katany akan bisa dicairkan tanggal 20 Desenber 2014  yang akan datang, terus  terang saat ini saya merasa tidak banyak berharap dengan apa yang akan diterima . hal utama mengikuti pelatihan adalah keinginan untuk menambah ilmu dan membangun jaringan serta relasi bisnis di dunia nayata maupun dunia maya. karena tidak banyak waktu untuk menyia nyiakan kesempatan yang datang mungkin tidak untuk kedua kalinya.

Bergelut dengan dunia periklanan Adsense membuat saya sedikit demi sedikit menyadari tentang bagaimana menyikapi sebuah perubahan baik itu internal maupun eksternal yang membutuhkan perubahan sikap yang bijaksana dari kita sebagai pengguna aktif internet. jangan sampai ketika dunia sudah begiutu canggih dengan internet , kita masih juga ribut masalah fasilitas. Saatnya untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain , apalagi dengan jaringan baru  4G dan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)  yang sebentar lagi kita lalui, sudah pasti persaingan dunia bisnis dan kerja semakin keras. Dan sudah pasti mereka yang berketrampilan dan bekerja keras yang akan menjadi pemenangya. Untuk teman teman alumni BLK khususnya jurusan web dan internet gelombang 1, ayo kita buktikan kalau kita bisa!!! menjadi pelaku bisnis di internet.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com