Searching...

Menyambung Silaturahmi, Membuka Pintu Rejeki

July 31, 2014
                 1 Syawal sudah datang dan saatnya Umat Muslim merayakan Idul Fitri setelah sebulan berpuasa. Di Negara kita banyak sekali tradisi yang baik berkaitan dengan idul Fitri, dimulai dari 1 hari menjelang kita biasanya berkunjung ke makam orang tua kita atau kerabat yang sudah lebih dulu berpulang dan saat idul fitri kita juga mengenal halal bi halal. Ini sangat jarang terjadi di negara manapun bahkan di negara yang notabene sebagai negara Islam.


Silaturahmi adalah perbuatan baik yang di kerjakan orang Islam dalam menyempurnakan arti dari "fitri" atau Jiwa/suci .Di Bulan Ramadhan kita mohon ampun segala  dosa kita terhadap Allah SWT  dan disempurnakan dengan menghapus dosa terhadap sesama , saling memaafkan kepada sesama umat Islam, baik itu saudara, kerabat ,teman dan juga orang orang yang kita kenal yang berpotensi pernah membuat dosa kepadanya. Alangkah indahnya Islam mengajarkan tradisi ini.
Silaturahmi

bahkan banyak sekali keutamaan dari saling bersilaturahmi kepada saudara dan kerat serta teman. bahkan dijelaskan dalam hadis yang soheh tentang itu,

Tahukah engkau, wahai saudaraku yang mulia, tentang kerugian orang yang memutuskan hubungan tali silaturahmi, oleh karena itu janganlah engkau termasuk dari mereka, bahwasanya orang yang memutuskan silaturahmi membawa dirinya untuk tidak dikabulkan doanya. Diriwayatkan bahwa Ibnu Mas'ud ra pada suatu hari duduk setelah Subuh dalam sebuah halqah, lalu berkata: Aku meminta kepada orang yang memutuskan silaturahmi agar berdiri meninggalkan kami, karena kami ingin berdoa kepada Rabb dan bahwasanya pintu langit akan tertutup dikarenakan oleh orang yang memutuskan silaturahmi.
Maka janganlah engkau membawa dirimu, wahai miskin, sehingga doamu ditolak tatkala berdoa kepada Allah saw. Orang yang memutuskan tali silaturahmi juga membuat sial masyarakat yang dia tinggal padanya, dari Abdullah bin Abi Aufa ra, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda:
" لاَ تَنْزِلُ الرَّحْمَةُ عَلَى قَوْمٍ فِيْهِمْ قَاطِعُ رَحِمٍ "

"Rahmat tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi" (HR Muslim)
 Allah Ta'ala telah menyeru hambanya berkaitan dengan menyambung tali silaturahmi dalam sembilan belas ayat di kitab-Nya yang mulia. Allah Ta'ala memperingatkan orang yang memutuskannya dengan laknat dan adzab, diantara firmanNya,

فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِن تَوَلَّيْتُمْ أَن تُفْسِدُوا فِي اْلأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ

Artinya: “Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan ? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikanNya telinga mereka, dan dibutakanNya penglihatan mereka.” (QS Muhammad 47:22-23).

وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَآءَلُونَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An Nisaa’ 4:1).
Silaturahmi


Juga sabda Rasulullah Shallallahu'alahi Wasallam ,

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.”

Tahukah Anda ? Menyambung tali silaturahmi akan membuka rejeki
Telah disebutkan diatas, selain memperpanjang umur atau uisa kita, silaturahmi juga membuka pintu rejeki selebar lebarnya terhadap kita yang mau melaksanakannya.
Semoga kita bisa saling menyambung tali silaturahmi dengan keluarga dan juga teman sehingga selalu dilapangkan jalan rejekinya , amiiiiiin.


Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com