Searching...

Indonesia Gagal Memanfaatkan Benefit Economical Value

June 16, 2014
.....
                              Jika anda update dengan berita tentang internet , maka saatnya anda berpikir ulang dalam menggunakan sosial media hanya untuk narsis. kenapa ? negara kita bukan negara kaya dalam kategori ekonomi global tetapi untuk urusan penggunaan internet kita mengalahkan negar negara maju melebihi Jepang dan Korea, tetapi sedihnya kita hanya memanfaatkan sosial media untuk narsis, bukan sebagai alat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi negara. Dan salah satu yang gagal kita manfaatkan adalah benefit Economicla value. Paling tidak itu menurut survey dari pihak luar negeri tentang pemanfaatan internet dibidang ekonomi danusaha.

Hal ini juga terungkap saat peluncuran domin premium anything.id yang dikelola oleh PANDI ( Pengelola Nama Domain Internet Indonesia ). Selama ini, pengguna internet Indonesia hanya bisa menggunakan domain .id dalam bentuk DTD. PANDI mengelola sebelas DTD .id: co.id, biz.id, web.id, my.id, or.id, sch.id, ac.id, desa.id, net.id, go.id, dan mil id. Tiap-tiap domain diperuntukkan bagi pengguna atau institusi tertentu.

Dengan dirilisnya domain anything.id, publik dapat menggunakan domain .id secara langsung, semisal menggunakan nama domain pandi.id, garuda.id, yudho.id, atau yang lainnya.

Benefit Economical value

Seperti diketahui saat ini untuk wilayah Indonesia kita menggunakan domain tingkat dua co.id , sedangkan peluncuran domain tingkat tinggi atau top level domain Indonesia baru sekarang yaitu langsung ke .ID.

Dengan kondisi internet yang semakin murah ,apalgi dengan banyaknya persaingan penyedia layanan internet yang membuat harganya lebih murah lagi . namun faktanya kita masih tidak bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi berbasis internet. jauh tertinggal dari negara ASEAN lainnya. Ini akan menjadi salah satu tantangan terbesar kita semua dan juga pemerintah.

Sebagai seorang blogger , merasa tersindir dengan kenyataan ini ,bahkan  dalam pelatihan web dan internet di BLK Kudus sedikit sekali orang yang kenal internet dengan orientasi memajukan pertumbuhan ekonomi , paling tidak diawali dari ekonomi keluarga. Imbas dari kenyataan ini adalah kita boros mengkonsumsi data internet tetapi minim hasil dari internet.
Baca juga Artikel yang dilarang Google Adsense
Jalan sehat BLK Kudus
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar