Searching...

Memilih Lantai Dari Kayu

February 13, 2014
                      Kebanyakan rumah dan lantainya terbuat dari keramik ataupun bahan alami seperti marmer atau yang lainnya, namun dengan pertimbangan lantai yang terbuat dari kayu lebih hangat suhunya ketika musim dingin akan membuat kita untuk bisa mencoba mengaplikasikan  dirumah kita. Tren yang tengah berkembang dalam mendesain hunian yang nyaman saat ini cenderung merujuk pada konsep natural. Orang-orang semakin jenuh dengan konsep modern dan menginginkan sesuatu yang alami hadir dalam rumah mereka. Salah satu cara menghadirkan sentuhan alam di rumah yakni melalui penggunaan lantai kayu.

Ada berbagai macam jenis kayu yang biasanya digunakan sebagai lantai, mulai dari jenis kayu oak, mahoni, Brazilian cherry, hingga Canadian maple. Kayu-kayu yang digunakanpun ada yang terbuat dari kayu utuh, namun ada juga yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara acak maupun teratur pada lantai.

Macam macam Bahan kayu Untuk Lantai

Kayu Daur Ulang

Selain menggunakan kayu-kayu baru, masyarakat juga mulai melirik kayu daur ulang untuk digunakan sebagai lantai. Untuk orang dengan kesadaran lingkungan yang tinggi, tentu menggunakan kayu daur ulang merupakan alternatif yang bijak karena kita bisa mewujudkan keinginan kita memiliki lantai kayu sekaligus turut menjaga kelestarian hutan. Namun, kecenderungannya kayu-kayu lama atau daur ulang ini harganya lebih mahal dari kayu baru.
Memilih Lantai Dari Kayu

Hal ini disebabkan karena kayu-kayu tersebut memiliki tampilan yang lebih natural dan ketahanannya pun lebih tinggi. Kayu-kayu tua terbukti lebih tahan terhadap perubahan dan lebih kuat dibandingkan kayu-kayu baru. Pohon zaman dulu memiliki patina yang kuat dan kayu yang dihasilkan dapat bertahan hingga jaman sekarang. Sedangkan pohon-pohon yanga ada saat ini banyak yang kekurangan nutrisi, sehingga tumbuh lebih lama dan kayu yang dihasilkanpun tak sekuat kayu dari pohon-pohon yang dulu.

Fakta yang ada saat ini, nutrisi di tanah kini telah berkurang drastis dan mengakibatkan pohon-pohon yang tumbuh sekarang tidak akan menghasilkan kualitas kayu sebaik pohon-pohon terdahulu.

Selain itu, kayu daur ulang memiliki lebar, panjang, dan ketebalan yang bervariasi. Hal ini membuat kayu tersebut terlihat lebih organik dan natural. Berbeda dengan kayu-kayu baru yang banyak ditemui saat ini, dimana ukuran, tebal, dan kelebaran kayu untuk lantai dibuat sama. Hal ini justru menimbulkan kesan dibuat-buat dan menghilangkan kesan asli dan natural pada lantai kayu ini. Untuk itu, beberapa perusahaan kini mensiasati fenomena ini dengan menciptakan kayu-kayu baru yang dibuat sengaja menyerupai kayu daur ulang dengan panjang, lebar, luas, dan ketebalannya bervariasi.

Kayu Oak

Kayu yang baik digunakan untuk lantai menurut Katie Rosenfeld, desainer interior Massachuset sekaligus pendiri Katie Rosenfeld Design adalah kayu oak yang memiliki sedikit noda atau bercak pada permukaan. Kayu oak juga memiliki kelebihan, yakni kayu ini dapat menyerap warna-warna dari lingkungan dengan indah dan menghasilkan tampilan kayu yang luar biasa. Dengan kayu tipe ini, Anda bisa lebih yakin dalam menentukan warna kayu yang pas untuk lantai Anda.

Daftar harga lantai kayu & wooden deck terbaru 2014
Name    Appearance
Parquet Kayu Jati
Untuk parquet kayu jati tersedia dalam 3 type :

    Parquet Jati              = Star IDR 120.000,-
    Mini Flooring Jati      = IDR 225.000,-
    Flooring jati lokal      = IDR 400.000,-
    Flooring Jati Export   = IDR 530.000,-

   
Lantai kayu merbau
Type lantai kayu merbau ready stock 3 type =

    type lamparquet      = IDR 140.000,-
    Type parquet          = IDR 185.000,- IDR 135.000,-
    Flooring Unfinished = IDR 320.000,-
    Flooring UV Coating = IDR 380.000,-
    Flooring FJL UV coating = IDR 400.000,-

    Merbau
Bengkirai Flooring
Promo bengkirai flooring Now Rp 135,000,-
harga normal Rp 210.000,- promo berlaku untuk jenis flooring bengkirai lebar dibawah 7cm
Bengkirai flooring ukuran1,5cm x 8-9cm x 30cm-120cm = IDR 250.000,-

   
Papan tangga
jenis kayu untuk papan tangga tersedia dari kayu solid tanpa sambung dan bisa juga dipasang memakai lempengan parquet

    Papan jati tanpa sambung ukuran 2,5cm x 32cm x 125cm = Rp 550.000,-/lembar
    Papan Merbau tanpa sambung ukuran 2,5cm x 32cm x 125cm = Rp 400.000,-/lembar
    Papan Merbau tanpa sambung ukuran 4cm x 32cm x 125cm = Rp 600.000,-/lembar

   
Decking kayu
Untuk keperluan decking kayu tersedia dari 3 jenis kayu yaitu dari kayu ulin,merbau,dan bengkirai.

    Decking kayu Bengkirai = Rp 350.000,-
    Decking kayu merbau = Rp 370.000,-
    Decking kayu ulin = Rp 530.000,-

Flooring Sono keling
Kayu sono keling saat ini terbilang kayu yang langka di Indonesia karena Explorasi besar-besaran untuk kebutuhan Export.Lantai kayu sono keling yang tersedia saat ini dari type FJL UV coating Harga Materian only Rp 400.000,-/m2   
Lantai kayu laminated  Milano
Jenis lantai kayu laminated dari Milano tersedia dalam 8pilihan warna yang menarik all type Ready stock....!Harga Material Rp 175.000,-/m2                  

Keterangan: harga bisa berubah setiap waktu.
Share This:
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam, Apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar

Iklan Baris

Taksi Online Kudus
Siap mengantar anda sampai tujuan dengan aman dan nyaman
http://TaksiKudus.com

Properti Kudus
Cari Tanah kapling,Rumah minimalis atau kos kosan di kota Kudus
PropertiKudus.com

Doodle Art Market
Mau jual doodle cantik hasil kreasimu?
Doodle Art Planet

Pasang Iklan Baris
Pasang Iklan Baris Murah Meriah 25.000/Bulan
KangJum.com

Ads by Kangjum.com